Sabtu, 29 Mei 2010

Pokemon Ruby / Sapphire Walkthrough

First Part: Hoenn League

===================================
Littleroot Town, a Town that Can’t Be Shaded by Any Hue
===================================

Setelah memilih gender dan nama kamu, maka akan ada event tentang pindah rumah. Setelah mobil berhenti, keluarlah dari mobil. Lalu kamu akan disambut oleh Mom dan membawa masuk ke rumahmu. Setelah berada dikamar, kemudian ambil Potion dari PC kamu, lalu setel jam yang ada di kamarmu. Kemudian turunlah, dan Mom akan menyuruhmu untuk berkenalan dengan tetangga sebelah. Pergilah ke rumah disebelah rumahmu. Masuklah dan kamu akan disambut, kemudian naiklah keatas dan bicara dengan rivalmu. Kamu akan bertemu rivalmu yaitu May [bila gendermu cowok] | Brandon [bila gendermu cewek]. Setelah itu dia akan keluar dan kamu pun boleh keluar. Sesampai diluar rumah, pergilah ke sebelah atas untuk mendapatkan bahwa ayah May|Brandon sedang diserang oleh Pokemon. Segera pergi bantu dia. Kamu bisa save sebelum kamu memeriksa tas yang terjatuh, sehingga bila status starter kamu kurang Attack-nya (ditandai dengan melawan Poochyena dengan 3 kali serangan), kamu dapat mengulangnya (dengan menekan Start+Select+A+B). Usahakan mendapatkan starter female. Atau bisa juga untuk mendapatkan shiny starter, akan tetapi, kemungkinannya 1 banding 65000an. Apapun pilihanmu, segera tolong dia! Pilih startermu (saya sendiri memilih Torchic, namun jangan kuatir, walkthrough ini dibuat untuk semua starter kok) dan battle....!

**********

Enemy: Poochyena lv. 2

Untuk battle pertama, battle ini cukup gampang, cukup gunakan Pound|Scratch|Tackle untuk melawannya. Bila HP Pokemon kritis, segera pakai Potion yang diambil tadi.

**********


Setelah mengalahkan Poochyena, maka Professor Birch akan berterimakasih kepadamu dan memberikan startermu sebagai hadiah. Namun Prof. Birch meminta kamu untuk pergi menjumpai May|Brandon di Route 103. Jadi segera pergi keatas dan telusuri jalan tadi.


Kamu dapat mengumpulkan level Pokemon kamu disini. Usahakan mencapai level 7 atau 8 sebelum mencapai Oldale Town.


===================================
Oldale Town, where Things Start Off Scarce
===================================

Setelah sampai di Oldale Town, segeralah bicara pada orang yang berbaju putih untuk mendapat Potion gratis. Setelah heal Pokemon kamu, maka kamu dapat berbelanja di Pokemart, namun belum ada Pokeball, lalu kamu dapat melanjutkan ke bagian atas Oldale Town, ke Route 103.


Teruslah pergi ke atas mengikuti jalannya dan kamu akan bertemu May|Brandon, yang kemudian akan mengajakmu battle.....

**********
May|Brandon

Enemy: Treecko|Torchic|Mudkip lv. 5

Untuk battle ini, bila kamu sudah mengumpulkan level hingga mencapai level 7 atau 8, maka battle ini akan terasa sangat mudah. Bila belum, jangan takut, pada level 5 Pokemon mereka belum mempelajari Special Moves-nya, jadi tetap gampang untuk dikalahkan. Gunakan Potion bila HP Pokemon kritis.


**********

Setelah battle, May|Brandon akan kembali ke lab Prof. Birch. Segeralah kembali ke Oldale Town. Sekarang kamu dapat membeli Pokeball. Bila kamu membeli 5 Pokeball sekaligus, kamu akan mendapat Premier Ball gratis. Setelah heal Pokemon kamu, maka kembalilah ke Littleroot Town.


===================================
Back to Littleroot Town
===================================

Sesampainya di Littleroot Town, maka segeralah ke lab Prof. Birch. Dia akan memberimu Pokedex dan May|Brandon akan memberi beberapa Pokeball. Lalu bicaralah dengan Mom, dia akan memberi Running Shoes untuk berlari (tekan B). Sekarang kamu bisa melanjutkan perjalanan ke sebelah kiri Oldale Town.



Di Route 102 ini, usahakan untuk mendapatkan Ralts {R-M|S-F} (Ruby-Many|Sapphire-Few), karena bila sudah menjadi Gardevoir akan sangat kuat serangan Psychic-nya. Dan usahakan menangkap Ralts dengan ability Trace [Copies special ability], kalau kamu punya uang ekstra untuk membeli Pokeball.

Version Exclusive Pokemon Route 102: Ruby only: Seedot >> Nuzleaf lv. 14 >> Shiftry [Leaf Stone]

Sapphire only: Lotad >> Lombre lv. 14 >> Ludicolo [Water Stone]


Beberapa trainer lainnya akan menantangmu di Route 102 ini. Selesaikan sekaligus mengumpulkan level. Saran saya adalah selalu gunakan starter Pokemon saat melawan trainer lain karena Pokemon yang dibesarkan oleh trainer akan memiliki Exp. points lebih banyak. Usahakan kamu mencapai level 10 atau 11. Lanjutkan perjalanan ke sebelah kiri.


===================================
Petalburg City, where People Mingle with Nature
===================================

Petalburg City merupakan kota tempat gym ayahmu berada. Sebelum itu, restore Pokemonmu di Pokemon Center. Lalu beli item kebutuhan seperti Potion disini. Kemudian masuki Petalburg Gym. Didalamnya, ayahmu akan meminta untuk membantu Wally menangkap Pokemon. Ikuti saja event ini. Kalau kamu merupakan Pokemon trainer baru, tak ada salahnya melihat cara menangkap Pokemon. Setelah menangkap Ralts, maka Wally akan pergi. Kemudian ayahmu akan menyuruhmu untuk pergi ke Rustboro City untuk mendapatkan GymBadge pertama. Segeralah pergi ke sebelah kiri Petalburg City.


Di daerah pantai ini, ada beberapa trainer akan mengajak battle. Terima saja sekalian mengumpulkan level. Kemudian masuk ke Petalburg Woods.

*****
Kamu memilih starter Torchic? Sebaiknya tangkap satu Wingull dan latih hingga levelnya 15 atau 16 dengan move Water Gun.


*****

===================================
Petalburg Woods
===================================

Petalburg Woods merupakan tempat yang tepat untuk mengumpulkan level khususnya jika startermu adalah Torchic. Dalam Petalburg Woods ini, dapatkanlah Slakoth {R-F|S-F} sebanyak 2 ekor, satu untuk trade nanti dan satu untuk dibesarkan. Dalam Petalburg Woods juga terdapat Wurmple yang akan berevolusi menjadi Silcoon atau Cascoon tergantung dari siang atau malam. Selain itu kamu akan bertemu dengan orang yang dikejar-kejar oleh Team Magma|Aqua, segera battle dengan Magma|Aqua Grunt untuk melindungi orang tersebut! Tidak perlu kuatir, di versi manapun, Pokemon yang dipakainya adalah Poochyena (biasakan untuk melihatnya karena kamu pasti bosan melihat setiap Team Magma|Aqua memiliki Pokemon yang satu ini). Setelah menang battle, maka kamu akan diberi sebuah Great Ball. Simpan baik-baik Great Ball ini. Lanjutkan perjalanan keluar dari Petalburg Woods.


Keluar dari Petalburg Woods, kamu akan sampai ke Pretty Petal Flower Shop. Didalamnya kamu akan diberikan informasi mengenai Berries dan mendapatkan Wailmer Pail. Lanjutkan perjalanan dan persiapkan 2 Pokemon terkuatmu di dua deret pertama. Bicaralah kepada anak kembar disitu. 2on2 battle pertamamu akan dimulai. Setiap kali 2on2 battle terjadi, diharapkan agar 2 Pokemon yang dikeluarkan akan saling membantu kelemahan satu sama lain. Jadi pikirkan baik-baik. Jangan sampai menaruh 2 Pokemon yang setipe kalau tidak mau kalah. Setelah menang, lanjutkan ke Rustboro City.

===================================
Rustboro City, a City Probing the Integration of Science and Nature
===================================

Saat sampai di Rustboro City, hal pertama yang harus kamu lakukan setelah merestore Pokemon kamu adalah pergi ke rumah Cutter's House dan mendapat HM 01-Cut. Ada yang ingin trade Slakoth-mu dengan Makuhita-nya (MAKIT)Lalu masuki Pokemon Trainer School untuk item Quick Claw. Move Cut tidak bisa digunakan diluar battle sebelum mendapat Stone Badge. Jadi pergilah ke Rustboro Gym. Sebelum itu, usahakan paling tidak Pokemonmu sudah berevolusi satu tahap atau paling tidak memiliki level antara 15 sampai 18.


**********

Rustboro City Gym

Leader: Roxanne


Pokemon: Geodude lv. 14

Nosepass lv. 15

Untuk mengalahkan Roxanne, cukup mudah, pakai saja move Absorb Treecko|Grovyle atau Mud-Slap dan Water Gun Mudkip atau Mud Shot Marshtomp. Bila kamu menggunakan Torchic sebagai starter, bila kamu mengizinkannya berevolusi menjadi Combusken, tinggal pakai Double-Kick saja. Tapi bila kamu tidak membiarkan Torchic berevolusi, tangkaplah Wingull sebelumnya dan usahakan sampai level 16 atau 17 dan mempunyai move Water Gun. Untuk melawannya, jangan gunakan Pokemon tipe Flying dan Fire.

Setelah menang kamu akan mendapatkan Stone Badge dan TM 39-Rock Tomb.


Dapatkan Stone Badge.

**********

Setelah mendapatkan Stone Badge, segera heal dan pergi ke atas kota. Kamu akan bertemu dengan pegawai Devon Corp. yang kamu tolong tadi. Ternyata barang-barangnya dicuri. Setuju untuk menolongnya, pergilah ke Route 116. Untuk memotong pohon kecil, kamu dapat menggunakan Cut sekarang. Sesampainya di depan pintu gua, maka kamu akan dimintai tolong kembali oleh kakek bernama Mr. Briney. Terima saja permintaannya dan masuk ke Rusturf Tunnel.

*****

Sebelum memasuki Rusturf Tunnel, kamu bisa mendapatkan Nincada yang nantinya akan berevolusi menjadi 2 Pokemon sekaligus, yaitu Ninjask dan Shedinja.


*****

Dalam Rusturf Tunnel, kamu bisa menangkap Whismur, sekaligus mengumpulkan level. Lawanlah Magma|Aqua Grunt disana dan dapatkan Devon Goods. Bicaralah pada burung yang ada disana. Mr. Briney akan berterimakasih dan pergi. Bawalah kembali Devon Goods itu ke Rustboro City.


Devon Researcher yang tadi akan berterimakasih dan memberimu Great Ball kembali. Selanjutnya, pergilah ke Devon Corp. yang merupakan gedung terbesar di Rustboro City. Naiklah ke tingkat paling atas, dan temuilah Mr. Stone. Dia akan berterimakasih kepadamu dan memberikan PokeNav. Fungsinya sebagai Map dan Trainer Info serta Pokemon Info. Dia juga akan memberikan Letter untuk diberikan kepada Steven.


Setelah urusanmu selesai disini, segera kembali ke Route 104 (sebelum Petalburg Woods) dan masuki rumah di dekat pantai. Berniat membalas jasa kepadamu, maka Mr. Briney mau mengantarmu ke Dewford Town.


===================================
Dewford Town, a Tiny Island in the Blue Sea
===================================

Sesampainya di Dewford Town, segera bicara pada orang berbaju merah di arah kanan bawah. Kamu akan mendapat Old Rod. Masuki rumah didekatnya untuk mendapatkan Silk Scarf dari seorang anak. Masukilah Dewford Gym. Pastikan kamu memiliki Pokemon dengan level 19 atau 21. Dan kalau kamu mempunyai Combusken, maka kamu akan sangat beruntung sekali.


**********

Dewford Town Gym

Leader: Brawly


Pokemon: Machop lv. 17

Makuhita lv. 18


Untuk melawannya, gunakan Quick Attack Grovyle, Peck Combusken (akan sangat bermanfaat), dan Mud Shot Marshtomp. Atau bila kamu punya Ralts, evolusikan menjadi Kirlia sehingga gampang menyelesaikannya. Dia akan selalu menggunakan move Bulk Up, yang mana akan meningkatkan serangan Pokemonnya. Jadi cepat habisi dia. Jangan gunakan Pokemon tipe Rock, Normal dan Dark.

Setelah menang kamu akan mendapatkan Knuckle Badge dan TM 08-Bulk Up.


Dapatkan Knuckle Badge.


**********
===================================
Granite Cave
===================================

Setelah mendapatkan Knuckle Badge, maka perjalanan berlanjut ke bagian atas Dewford Town. Masukilah Granite Cave dan dapatkan HM 05-Flash disana. Gunakan Flash di lantai bawah. Disini kamu bisa mendapatkan Nosepass {R-F|S-F}, Abra, dan Aron yang mana Aron akan sangat berguna bila telah menjadi Aggron. Lanjutkan perjalanan dengan menggunakan Flash (meskipun pandangan terbatas). Periksalah batu yang terletak sendiri ditengah, dan dapatkan EverStone. Temui Steven diujung jalan ini. Dia akan memberimu TM 47-Steel Wing sebagai tanda terimakasihnya. Kemudian dia akan pergi. Jadi ikutlah pergi dari Granite Cave.



Version Exclusive Pokemon Granite Cave: Ruby only: Mawile

Sapphire only: Sableye


*****

Kamu memilih starter Treecko? Sebaiknya tangkap Geodude dan latih hingga level 20 atau 22 dan memiliki Ground-type move.


*****


Sekembali dari Granite Cave, bicaralah pada Mr. Briney dan pilihlah Slateport sebagai tujuan. Setibanya di pantai, ada banyak trainer disini yang memiliki Pokemon Azurill dan Zigzagoon. Gunakan untuk mengumpulkan level. Ada Seashore House disini, didalamnya ada penjual Soda Pop [Heals 60 HP]. Bicaralah pada orang di sebelah kanan pantai. Dia akan memberimu Soft Sand.

Lalu lanjutkan ke Slateport City.


*****

Kalau kamu memilih untuk kembali ke Rustboro City, maka temuilah Mr. Stone untuk mendapatkan Exp. Share.


*****

=================================
Slateport City, the Port where People and Pokemon Cross Paths
===================================

Setibanya disini, langsung pergilah ke PokeMart untuk membeli Harbor Mail seharga 50 Poke. Lalu kunjungilah Oceanic Museum, akan ada antrian yang panjang dari Team Magma|Aqua. Masukilah Dock, bangunan yang tepat dibawah Oceanic Museum dan bicaralah pada semua orang disitu. Ternyata Capt. Stern sedang berada di Oceanic Museum dan karena dikelilingi oleh Team Magma|Aqua, sudah tahu apa yang harus kita kerjakan, bukan? Segera pergi ke Oceanic Museum. Bayarlah biaya masuk sebanyak 50 Poke, dan bicara pada Magma|Aqua Grunt disitu. Dia akan memberikan TM 46-Thief lalu pergi. Naiklah ke lantai 2 dan bicaralah dengan Captain Stern. Ternyata Team Magma|Aqua menginginkan barang tersebut, lalu battle dengan mereka. Seperti biasa, mereka akan menggunakan Pokemon yang itu-itu saja. Setelah berhasil mengalahkan 2 orang, Maxie|Archie yang merupakan pemimpin Team Magma|Aqua akan datang. Mereka akan membicarakan tentang rencana mereka untuk mengekspansi daratan|lautan. Setelah mereka pergi, kamu boleh pergi keatas Slateport City. Disini ada Trick House namun kamu boleh memasukinya untuk senang-senang.


*****

Route 103 ini memiliki banyak Pokemon dengan ability Static [Paralyzes on contact] dan move yang membuat Paralyzed, jadi siapkanlah Paralyze Heal atau siap-siaplah bolak-balik Pokemon Center.


*****


Di Route ini berhubung kamu belum mempunyai sepeda, kamu harus memakai jalan bawah. Disini kamu bisa mendapatkan Pokemon yang berpasangan yaitu Plusle {R-M|S-F} dan Minun {R-F|S-M}. Disini juga ada Gulpin. Lalu ditengah jalan kamu akan bertemu dengan May|Brandon dan dia akan menantangmu battle. Jadi apa lagi yang kamu tunggu, segera keluarkan Pokemonmu...!


**********

May|Brandon

Enemy: Jika startermu Treecko: Combusken lv. 20

Shroomish lv. 18

Wailmer lv. 18


Jika startermu Torchic: Marshtomp lv. 20

Shroomish lv. 18

Numel lv. 18


Jika startermu Mudkip: Grovyle lv. 20

Wailmer lv. 18

Numel lv. 18


Untuk melawannya, paling tidak kamu harus memiliki startermu, dan dua Pokemon yang sama tipenya dengan starter lainnya. Seharusnya levelmu saat ini adalah berkisar antara level 23 dan 24, bahkan lebih bagi startermu bila kamu selalu menggunakan startermu untuk battle trainer. Bila kamu memakai starter Combusken, jangan coba-coba untuk memakai Electric Pokemon untuk melawan Marshtomp sebab Marshtomp kebal terhadap Electric-type moves. Jadi seharusnya pertarungan ini tidak begitu sulit. Gunakan Soda Pop atau Potion bila HP Pokemon kritis.


*********

Setelah menang, May|Brandon akan memberimu Itemfinder untuk menemukan item tak terlihat. Segera lanjutkan perjalanan ke Mauville City.


===================================
Mauville City, the Bright and Shiny City of Fu
===================================

Setibanya di Mauville City, ingatkah kamu akan Harbor Mail? Berikan Harbor Mail itu pada orang didalam rumah pertama di Mauville City. Dia akan menukarkannya dengan Coin Case. Selanjutnya, kamu pergi ke Rydel Bike Shop dan bicaralah dengan Rydel maka dia akan memberikan pilihan sepeda antara Mach Bike dengan Acro Bike. Tenang saja, kamu dapat mengganti sepeda ini sewaktu-waktu. Berikut kelebihan dari masing-masing sepeda:


Mach Bike Acro Bike

========= =========

Dapat berjalan lebih cepat Dapat melakukan Wheelie (tekan B + D-pad untuk bergerak dalam posisi standing)

Dapat melewati lantai landai Dapat melakukan Bunny Hop (tekan B dan tahan + D-pad untuk bergerak saat melompat)

Dapat melewati lantai retak Dapat melewati lompatan batu dan palang

Harus diakselerasi Kecepatan tetap

Dapat melakukan Side Hop (tekan D-pad + B bersamaan)



Sekarang setelah memilih bike yang kamu suka, maka saatnya untuk mengambil GymBadge disini. Tapi ternyata Wally ada di depan Mauville Gym, jadi tunggu apalagi, siapkan Pokemonmu dan battle!


**********

Wally

Enemy: Ralts lv. 16

Ini merupakan pertarungan yang sangat gampang. Langsung serang Ralts, namun jangan menggunakan Pokemon tipe Fight dan Poison serta Grass. Startermu Treecko? Tenang saja, levelmu pada saat ini pastilah lebih tinggi jadi tidak perlu takut.


**********


Agak menyedihkan memang bahwa Ralts-nya Wally belum berevolusi. Tapi paling tidak dia membesarkannya. Sekarang setelah Wally pergi, langsung masuki Mauville Gym. Gym ini dilengkapi semacam trap tetapi bila berminat untuk melawan semua trainer didalam maka tidak ada masalah.


**********

Mauville City Gym

Leader: Watson


Pokemon: Magnemite lv. 21

Voltorb lv. 21

Magneton lv. 24



Pertarungan ini tidak begitu sulit kecuali kamu memilih Treecko sebagai starter. Jika kamu sudah mengikuti tips saya tadi maka seharusnya tidak ada kesulitan. Yang jadi masalah disini bukan tipe Electricnya, melainkan tipe Steelnya. Untuk itu, sangat beruntung sekali apabila kamu memiliki Combusken dengan Ember dan Double-Kicknya atau Marshtomp dengan Mud Shotnya. Perlu diingat, Marshtomp tidak mempan diserang menggunakan Electric-type moves. Jangan gunakan tipe Water dan Flying untuk melawannya karena itu sama saja bunuh diri. Tidak ada gunanya menggunakan serangan yang merendahkan Accuracy karena Watson akan menggunakan Shock Wave, suatu move yang tidak pernah miss, layaknya Swift dan Aerial Ace.



Dapatkan Dynamo Badge.



**********



Setelah itu, keluarlah dari Mauville Gym dan pergilah ke rumah disamping PokeMart. Orang disana akan memberimu HM 06-Rock Smash. Ya, saya tahu apa yang kamu pikirkan sebagai Pokemon trainer, kenapa Rock Smash dibuat menjadi HM? Well, ini adalah Hoenn area, bukan Kanto dan Johto, jadi terima saja. Disini jalan akan bercabang tiga, sebelah atas ke Fiery Path, sebelah kiri ke Verdanturf Town dan sebelah kanan ke route yang hanya bisa kamu capai setelah mendapatkan HM Surf. Kita akan melanjutkan ke sebelah kiri, Verdanturf Town.



Di Route 117, ada Pokemon Day-care, dimana kamu bisa menitipkan Pokemonmu untuk breeding atau menaikkan level. Hanya melalui Pokemon Day-care inilah kamu dapat memperoleh Azurill, Pichu, dan Igglybuff. Namun perlu diketahui bahwa Pokemon Day-care sekarang berbeda dengan yang dulu. Bila Pokemonmu dititipkan disana, maka dia akan memperoleh move baru yang dipelajarinya pada level tertentu. Misalnya Zigzagoon lv. 15 kamu titipkan disana dengan moveset Tackle, Growl, Mud-Slap dan Water Gun, maka saat kamu mengambilnya kembali, katakanlah level 20, maka movesetnya akan menjadi Tackle, Growl, Mud Shot, dan Bide. Jadi ada move yang terhapus dan kita tidak dapat menentukan move yang terhapus itu. Pikirkan masak-masak.



Di Route 117 terdapat Pokemon berpasangan lainnya yaitu Volbeat {R-M|S-F} dan Illumise {R-F|S-M}. Teruskan perjalanan ke arah kiri dan kamu akan sampai ke Verdanturf Town.



===================================
Verdanturf Town, the Windswept Highlands with the Sweet Fragrance of Grass
===================================

Sesampainya di Verdanturf Town kamu menyadari bahwa tidak ada Pokemon Gym, tapi jangan kecewa terlebih dahulu, karena disini terdapat Pokemon Contest Normal Rank Registration yang berarti kamu dapat mendaftar disini. Kamu juga dapat membeli Nest Ball disini.Setelah merestore Pokemonmu dan menyelesaikan urusan disini, maka masuklah ke gua sebelah atas, Rusturf Tunnel.

Dalam Rusturf Tunnel, lakukan Rock Smash di tempat yang ada seorang pria dan wanita. Pria itu akan berterimakasih dan memberimu HM 04-Strength. Setelah itu, keluarlah dan kembalilah ke Verdanturf Town dan kembali ke Mauville City. Dari Mauville City, kearah atas dan lakukan Rock Smash untuk membuka jalan.



Di Route 112 ini, ada sebuah rumah yaitu Winstrate Family, dan bersiaplah bertarung 4 kali berturut-turut. Setelah menang, bicaralah pada Winstrate Victoria untuk mendapatkan Macho Brace. Lanjutkanlah perjalanan. Namun berhubung kamu belum mempunyai Go-Goggles untuk melewati Desert, maka harus melewati Mt. Chimney. Sesampainya di Mt. Chimney, ternyata ada dua orang Team Magma|Aqua menghalangi jalan. Mereka tidak akan pergi walaupun kamu usir, jadi ambillah jalan disebelah kirinya, masuki Fiery Path.


===================================
Fiery Path
===================================

Didalam Fiery Path, kamu bisa menangkap Slugma, Koffing, Torkoal, Machop dan Numel. Lanjutkan saja perjalanan melewati jalan satu-satunya. Tinggalkan saja jalan yang ada batu besarnya karena kamu belum dapat menggunakan HM Strength.

Keluar dari Fiery Path, lanjutkan perjalanan dan bicaralah pada orang didekat pohon besar. Dia akan memberimu TM 43-Secret Power. TM ini bisa dipakai untuk membuat Secret Base. Didekatnya ada Old Lady's Rest Stop. Gunakan bila perlu. Saat ini, seharusnya levelmu berkisar antara level 25 dan 27. Masukilah daerah salju abu yaitu Route 113.

Disini turun salju abu, yang merupakan abu dari Mt. Chimney. Rerumputan disini tertutup abu, namun jangan terlalu asyik untuk menghilangkan abunya, lebih baik nanti setelah mendapatkan Soot Sack sekaligus untuk mengumpulkan poin. Di Route 113 kamu bisa menangkap Spinda, salah satu Pokemon paling unik. Coba tangkap 2 Spinda, maka tidak akan ada pola yang sama. Disini kamu juga bisa menangkap Skarmory. Terus saja jalan dan masuki rumah diujung jalan, Workshop. Disini kamu akan mendapat Soot Sack yang berguna untuk mengumpulkan poin, atau tepatnya abu untuk nantinya ditukarkan sesuatu. Lanjutkan perjalananmu menuju Fallarbor Town.

===================================
Fallarbor Town, a Farm Community with Small Gardens
===================================

Di Fallarbor Town terdapat Pokemon Contest Super Rank Registration, lanjutan dari Normal Rank. Disini segeralah heal Pokemon kamu dan bicaralah dengan gadis di depan PC di Pokemon Center. Ternyata dia adalah Lanette. Didekat Pokemon Contest Super Rank Registration, ada Move Tutor's House. Dia akan mengajarkan move yang sudah kamu lupakan untuk sebuah Heart Scale.



*****

Kalau kamu hanya mendapatkan sedikit Heart Scale nantinya, tangkaplah Luvdisc atau gunakan move Thief pada Luvdisc.



*****

Lanjutkanlah perjalanan ke Route 114. Disini terdapat Fossil Maniac's House. Bicaralah pada orang didekat lubang gua untuk mendapatkan TM 28-Dig dan masuki lubang tersebut lalu bicaralah pada orang disana untuk informasi tentang fossil di Desert. Berbicaralah pada orang sebelum jembatan untuk mendapatkan TM 05-Roar. Lalu lewati jembatan.



Version Exclusive Pokemon Route 114: Ruby only: Zangoose

Seedot >> Nuzleaf lv. 14 >> Shiftry [Leaf Stone]

Sapphire only: Seviper

Lotad >> Lombre lv. 14 >> Ludicolo [Water Stone]


Setelah itu, masukilah Lanette's House dan bicara padanya untuk Seedot|Lotad Doll. Lalu lanjutkan perjalanan dan setelah melawan beberapa Hiker, masukilah Meteor Falls.


===================================
Meteor Falls
===================================

Meteor Falls ini terbagi dua. Bagian luarnya hanya berisi beberapa Pokemon seperti Zubat saja, namun didalamnya kamu akan menemukan Pokemon langka yaitu Bagon.



Version Exclusive Pokemon Meteor Falls: Ruby only: Solrock

Sapphire only: Lunatone


Dalam Meteor Falls, kamu akan bertemu dengan Team Magma|Aqua. Mereka mencuri Meteorite dan segera kabur. Namunm kemudian muncul Team Aqua|Magma untuk menyusulnya walau sudah terlambat. Kamu akan berkenalan dengan Archie|Maxie sebagai Aqua|Magma Leader. Setelah event, bicaralah pada Cozmo lalu ke arah atas dan ambillah Moon Stone. Kalau kamu kebawah, maka kamu akan sampai ke bagian atas Rustboro Town. Ingat, kalau kamu sudah turun melewati ledge (gundukan tanah) maka kamu harus memutar melalui Verdanturf Town untuk kembali ke Meteor Falls kecuali kamu bisa menggunakan HM Surf.



Setelah urusanmu selesai, maka kembalilah ke Mauville City dan kembali ke Mt. Chimney. Sekarang kamu sudah bisa memasuki Cable Car yang dulunya dijaga oleh Team Magma|Aqua. Naiki Cable Car dan sampailah kita ke Mt. Chimney.

===================================
Mt. Chimney
===================================

Sesampainya di Mt. Chimney, kamu dapat membeli Lava Cookie seharga 200 Poke yang fungsinya sama dengan Full Heal. Jadi bisa hemat. Disini ada beberapa Magma|Aqua Grunt dan Magma|Aqua Admin yang harus dilawan. Namun puncaknya adalah kamu melawan Maxie|Archie. Pertarungan melawan Maxie|Archie memberimu gambaran tentang pertarungan di Lavaridge Town Gym nantinya berhubung sudah sangat lama tidak event battle. Segera bicara dengan Maxie|Archie dan battle!

**********

Ruby Hints:

Magma Leader Maxie

Enemy: Mightyena lv. 24

Camerupt lv. 24

Golbat lv. 24

Battle melawan Maxie|Archie ini seharusnya tidak sulit. Bila kamu menggunakan starter Treecko, maka sebaiknya pakai Grovyle untuk melawan Mightyena, lalu tukar dengan Pokemon tipe Ground atau Water untuk melawan Camerupt, jangan gunakan tipe Rock karena Camerupt tahu move Earthquake. Lalu kemudian tukar dengan Pokemon tipe lain selain Fight untuk melawan Golbat. Jika startermu Torchic, maka gunakan Double-Kick Combusken pada Mightyena, lalu tukar dengan Pokemon tipe Ground atau Water untuk melawan Camerupt, kemudian kembali pakai Ember atau Peck Combusken untuk melawan Golbat. Jika startermu adalah Mudkip, gunakan untuk melawan Mightyena, kemudian Mud Shot-kan Camerupt lalu lawan Golbat dengan Pokemon lain. Levelmu sekarang seharusnya berada diantara level 26 dan 28.

Sapphire Hints:

Aqua Leader Archie

Enemy: Mightyena lv. 24

Sharpedo lv. 24

Golbat lv. 24

Bila startermu Treecko, gunakan Grovyle melawan Mightyena, lalu gunakan Absorb atau Mega Drain bila sudah mempelajarinya kepada Sharpedo, kemudian ganti dengan Pokemon lain untuk melawan Golbat. Kalau startermu Torchic, gunakan Double-Kick Combusken untuk melawan Mightyena dan Sharpedo, namun hati-hati terhadap ability Rough Skin [Hurts to touch] Sharpedo, lalu gunakan Ember pada Golbat atau ganti Pokemon lain. Bila startermu Mudkip, gunakan melawan Mightyena, lalu ganti Pokemon lain untuk melawan Sharpedo, kemudian gunakan Pokemon lain untuk melawan Golbat.

**********

Selesai melawan Maxie|Archie, Team Magma|Aqua akan kabur. Lalu Archie|Maxie akan datang berterimakasih kepadamu. Periksa mesin didekatmu dan dapatkan Meteorite. Lalu turuni gunung melewati Jagged Pass.



*****

Kalau kamu memilih untuk kembali ke Fallarbor Town dan mengembalikan Meteorite kepada Cozmo, maka dia akan memberikan kamu sebuah TM 27-Return.



*****

Melewati Jagged Pass, hanya ada beberapa trainer saja, namun ini adalah kesempatan untuk mengumpulkan level Pokemon kamu. Usahakan sekarang ini level Pokemon kamu berada antara 28 dan 30. Setelah menuruni Jagged Pass, maka kamu akan sampai ke Lavaridge Town.


===================================
Lavaridge Town, an Excellent Place for Relaxing
===================================

Di Lavaridge Town, kamu bisa mengunjungi Hot Spring untuk bersenang-senang. Didekat gundukan pasir, ada orang yang akan memberimu Egg yang berisi Wynaut. Ada juga Herbal Shop disana. Namun sebagai seorang Pokemon trainer, adalah memalukan bila memakai Herbal yang sudah jelas tidak disukai Pokemon karena rasanya pahit. Usahakan untuk tidak menggunakan Herbal, karena dapat menurunkan tingkat kesukaan dan kesetiaan Pokemon terhadapmu. Bicara pada orang didalam Herbal Shop untuk mendapatkan Charcoal. Lalu saatnya untuk mengambil Heat Badge, masukilah Lavaridge Gym, kamu akan menemukan sedikit puzzle disini, namun bila memang kamu bertekad untuk mengalahkan semua trainer, tidak ada masalah.

**********

Lavaridge Town Gym

Leader: Flannery


Pokemon: Slugma lv. 26

Slugma lv. 26

Torkoal lv. 28


Yang menjadi permasalahan disini adalah move Overheat Torkoal. Bila startermu Treecko, maka ini akan menjadi masalah besar, sebaiknya simpan Grovyle-mu itu dan gantikan dengan Pokemon tipe Ground yang kamu tangkap sebelum melawan Watson. Bila startermu Torchic, maka dapat kamu lawan saja dengan Double-Kick atau menggunakan Pokemon tipe Water atau Ground. Bila startermu Mudkip, maka ini battle paling gampang, cukup gunakan Mud Shot saja. Pada saat melawan Flannery, seharusnya level Pokemonmu sudah berada diatas level 30 (saya sendiri menggunakan Blaziken pada level 40). Setelah menang maka Flannery akan memberimu Heat Badge dan TM 50-Overheat.


Dapatkan Heat Badge.


**********

*****

Lavaridge Gym dan Desert memang memiliki semacam gangguan pandangan berupa kabut dan badai pasir. Namun kamu tetap dapat melihat jalan yang kamu lalui. Bila kamu tidak dapat melihatnya, kemungkinan besar cartridge game kamu adalah yang palsu atau mata kamu yang bermasalah.


*****

Seusai mendapatkan Heat Badge, maka segera heal Pokemonmu. Setelah keluar dari Lavaridge Gym, maka May|Brandon akan menjumpai kamu dan memberikan Go-Goggles untuk melewati Desert. Kamu dapat kembali ke Fallarbor Town melewati Desert.


*****

Banyak Pokemon trainer yang bingung harus kemana untuk mendapatkan GymBadge kelima, saya sendiri dalam perjalanan menjadi Pokemon Master seperti sekarang juga pertama sekali bingung, namun daripada kamu berputar-putar menghabiskan waktu, saya menuliskan langkah selanjutnya.


*****

===================================
Desert
===================================

Disini terdapat beberapa item yang tersembunyi ada juga TM 37-Sandstorm dibagian bawah Desert. Di bagian kanan atas ada dua buah fossil yaitu Root Fossil dan Claw Fossil. Bila memilih salah satu, maka yang lain akan tenggelam ke dalam pasir. Berikut pilihannya:


Root Fossil >> Lileep [Rock|Grass] >> Cradily lv. 40 [Rock|Grass]

Claw Fossil >> Anorith [Bug|Rock] >> Armaldo lv. 40 [Bug|Rock]



Kedua fossil ini akan di-resurrect di Devon Corp. pada level 20 dan akan berevolusi pada level 40.


Di Desert kamu bisa mendapatkan Trapinch, pre-evolved form dari Vibrava yang akan berevolusi menjadi Flygon. Selain itu juga bisa mendapatkan Baltoy, Sandslash dan Sandshrew.


Lanjutkan perjalananmu ke sebelah kiri atas untuk kembali ke Fallarbor Town.


*****

Bila kamu belum mengembalikan Meteorite kepada Cozmo, kembalikanlah untuk mendapat TM 27-Return.



*****

Lanjutkan ke Meteor Falls, lalu turuni jalan hingga sampai ke Rustboro City.


*****

Bila kamu belum bertemu dengan Mr. Stone setelah mengantarkan surat kepada Steven, maka temuilah dia untuk mendapatkan sebuah Exp. Share.


*****
Di Rustboro City, pergilah ke Devon Corp. dan naiklah ke lantai dua. Bicaralah pada Devon Researcher disitu dan berikan Root|Claw Fossil, kemudian keluarlah dan simpan salah satu Pokemonmu dan kembali berbicara kepada Devon Researcher untuk mendapatkan Lileep|Anorith pada level 20. Kamu dapat membeli Timer Ball sekarang. Timer Ball akan sangat berguna untuk menangkap para legendaries nantinya.


Lanjutkan memasuki Petalburg Woods dan kembalilah ke Petalburg City.

===================================
Back to Petalburg City
===================================

Mungkin dalam perjalanan kembali kamu sudah menduga bahwa kita akan kembali untuk melawan ayah. Kamu benar, jadi langsung saja masuki Petalburg Gym. Dalam Petalburg Gym, kamu akan menghadapi puzzle seperti pintu yang selalu bercabang. Di pintu tersebut tertulis tentang item yang akan dipakai oleh trainer didalamnya. Misalnya Speed Room, maka pada saat battle dengan trainer didalamnya, trainer tersebut akan menggunakan X-Speed pada turn pertama. Gunakan kesempatan ini untuk menyerang. Melewati pintu yang manapun tidak akan berpengaruh karena pada akhirnya kamu akan menghadapi Leader. Saya sendiri menggunakan kesempatan ini untuk mengumpulkan level, caranya setelah masuk satu Room, maka kembali ke Room sebelumnya dan masuki Room lainnya. Pada saat ini, seharusnya level Pokemonmu berada antara level 32 dan 35. Kebanyakan trainer didalam Room menggunakan Zangoose pada dua pintu pertama, Linoone pada tiga pintu kedua dan Delcatty pada dua pintu terakhir. Berikut ini skema dari Room yang ada:


L Keterangan:

/ \ N - Petalburg Gym Leader Norman

S 1 S - Strength Room, menggunakan X-Attack untuk meningkatkan Attack

/ \ / \ 1 - 1-Hit KO [OHKO] Room, menggunakan Dire Hit untuk meningkatkan Critical Hit Ratio

ZR D R ZR - Zero Reduction Room, Guard Spec. untuk mencegah Stat Loss

\ / \ / D - Defense Room, menggunakan X-Defend untuk meningkatkan Defense

SP A R - Recovery Room, menggunakan Recovery Items untuk penyembuhan

\ / SP - Speed Room, menggunakan X-Speed untuk meningkatkan Speed

Pintu A - Accuracy Room, menggunakan X-Accuracy untuk meningkatkan Accuracy


**********

Petalburg City Gym

Leader: Norman



Pokemon: Slaking lv. 28

Vigoroth lv. 30

Slaking lv. 31

Melawan Slaking disini memang sangat mengesalkan. Meskipun dia hanya bergerak setiap 2 turn, tapi Defense-nya tinggi, bahkan saya dengan Blaziken lv. 43 saja AGAK kesulitan. Kuncinya disini adalah jangan menggunakan serangan yang menyebabkan Status Ailments [Poison, Paralyze dan sebagainya] pada Pokemonnya, karena move Facade dapat menggandakan serangan mereka. Bila startermu Treecko, maka gunakan Quick Attack atau Pursuit. Jika startermu Torchic, saatnya panen exp.! Gunakan Double Kick Combusken atau Blaziken (ingat, Blaze Kick bertipe Fire). Jika startermu Mudkip, maka mulai dari gym ini startermu akan jarang digunakan, sayang memang, namun kita akan tetap memakainya karena bagaimanapun juga Mudkip adalah Pokemon pertamamu. Gunakanlah Mud Shot Marshtomp atau Muddy Water Swampert. Gunakan Pokemon tipe Fight agar gampang menang. Bila menang Norman akan memberimu GymBadge dan TM 42-Facade.



Dapatkan Balance Badge.



**********

Setelah menang melawan Norman, maka sebagai seorang Pokemon trainer maka kita juga merasa bangga karena telah berhasil melampaui ayah kita. Segera restore Pokemonmu dan kita akan melanjutkan perjalanan kita yang masih panjang ini.


Bicaralah kembali pada Norman dan dia akan memberitahu bahwa ayah Wally ingin bertemu denganmu. Jangan gembira dulu, ini bukan event battle lagi. Mungkin kamu bertanya-tanya kapan akan mendapat HM Surf, well, jawabannya: sekarang juga. Bicara pada ayah Wally di rumahnya yang berada disamping Petalburg Gym dan dapatkan HM 03-Surf.


Kembalilah ke Littleroot Town dan bicaralah pada Mom untuk mendapatkan Amulet Coin. Amulet Coin menggandakan uang yang kamu terima setelah battle bila Pokemon yang memegangnya ikut berpartisipasi dalam battle walaupun hanya sedetik. Oleh karena itu, selalu tempatkan Pokemon yang memegang Amulet Coin pada slot pertama.



Setelah itu kembalilah ke Mauville City, dengan menggunakan Surf pada Route 103, ke kanan dari tempat kita battle May|Brandon pada waktu itu, lalu naikilah Cycling Road.


===================================
Back to Mauville City
===================================

Setibanya di Mauville City, bicaralah dengan Watson di depan Pokemon Center. Dia akan memintamu membetulkan generator di New Mauville. Terima saja permintaannya dan belilah dulu sebuah Escape Rope. Gunakan Surf pada daerah perairan di dekat seorang Fisher yang ada di depan Cycling Road Entrance. Surf kearah kanan dan temukan pintu masuk New Mauville.


*****

Banyak Pokemon Trainer tidak tahu tentang New Mauville, jadi kamu boleh bersyukur karena telah diberitahu.


*****

===================================
New Mauville
===================================

Sampai di New Mauville, segera masuk dan ikuti saja jalan yang ada. Pilih setiap switch hijau, bila salah pilih, kamu hanya harus melawan Voltorb. Pokemon yang bisa kamu dapat disini adalah Voltorb, Electrode dan Magnemite. Bila kamu beruntung kamu bisa mendapatkan Magneton. Di akhir jalan periksa generator dan ambillah item Thunder Stone. Gunakan Escape Rope untuk keluar bila malas untuk melewati jalan masuk kembali.



Segera laporkan usahamu ini kepada Watson dan dia akan memberimu TM 24-Thunderbolt.


Lanjutkan ke sebelah kanan Mauville City dan gunakan Surf disana ke arah kanan. Setelah sampai, bicara pada Fisher disana untuk mendapatkan Good Rod. Kamu juga bisa bicara dengan Interviewer Gaby & Ty untuk 2on2 battle, mereka menggunakan Loudred dan Magnemite (bila kamu terus mengikuti rute yang dilalui mereka dan selalu battle dengan mereka, lama-kelamaan mereka akan menggunakan Exploud dan Magneton), setelah menang kamu akan di-interview dan akan muncul di TV.



Lewati jalan ke arah atas melewati rumput tinggi dan Steven muncul. Dia akan berbicara beberapa patah kata kemudian pergi lagi. Masuki rumah kecil di sekitar situ dan bicaralah lalu keluar kembali. Lalu ikuti jalan hingga mencapai Weather Institute. Masuki Weather Institute.


Didalamnya terdapat tempat tidur jadi bisa beristirahat dan heal Pokemon. Lalu bicaralah dengan semua orang yang ada di Weather Institute, beberapa diantaranya adalah Magma|Aqua Grunt dan naiklah ke lantai 2. Lawanlah Magma|Aqua Admin dan kalahkan dia. Jangan takut, mereka hanya menggunakan Zubat, Numel|Carvanha, Poochyena, dan Mightyena, jadi pasti mudah untuk dikalahkan.



Setelah menang, maka kamu akan mendapatkan Castform lv. 25 yang biasanya adalah female. Bila tidak ada slot kosong, kembali ke lantai 1 dan deposit salah satu Pokemon kemudian ambil Castform. Jangan lupa ambil Mystic Water dari item Castform.


*****

Castform adalah Pokemon unik yang mampu berubah sesuai dengan keadaan. Pada waktu menerimanya, maka moveset-nya adalah Hail, Rain Dance, Sunny Day dan Weather Ball. Sebaiknya jangan sekali-kali mengubah moveset ini, apalagi menghilangkan Weather Ball.



Bila kamu menggunakan Hail, maka Castform akan bertipe Ice

Bila kamu menggunakan Rain Dance, maka Castform akan bertipe Water

Bila kamu menggunakan Sunny Day, maka Castform akan bertipe Fire

Bila kamu membawa Castform ke Desert atau menggunakan Sandstorm, maka Castform TIDAK AKAN berubah tipe


Bila kamu gunakan Weather Ball pada saat hailing (hujan es), maka serangannya bertipe Ice

Bila kamu gunakan Weather Ball pada saat raining (hujan), maka serangannya bertipe Water

Bila kamu gunakan Weather Ball pada saat sunny day (cerah), maka serangannya bertipe Fire

Bila kamu gunakan Weather Ball pada saat sandstorm (badai pasir), maka serangannya AKAN bertipe Ground atau Rock



*****



Setelah mendapatkan Castform, maka kamu dapat men-deposit-nya di PC atau membawanya. Segera heal Pokemonmu dan lewati jembatan yang tadinya dijaga oleh Team Magma|Aqua. Belum sempat kamu mencari Pokemon lain, May|Brandon datang dan menantangmu untuk battle. Mungkin mereka rindu karena sudah lama tidak bertemu. Level Pokemonmu pada saat ini seharusnya berada diantara level 34 dan 37.


**********

May|Brandon

Enemy: Jika startermu Treecko: Combusken lv. 31

Shroomish lv. 29

Wailmer lv. 29



Jika startermu Torchic: Marshtomp lv. 31

Shroomish lv. 29

Numel lv. 29


Jika startermu Mudkip: Grovyle lv. 31

Numel lv. 29

Wailmer lv. 29



Kalau kamu terus membawa Pokemon yang kamu gunakan untuk melawan May|Brandon terdahulu, maka kamu akan mudah sekali untuk menang. Seperti biasa, gunakan Fire atau Ice atau Psychic untuk melawan tipe Grass, gunakan tipe Grass atau Electric untuk melawan tipe Water (Electric tidak berlaku bagi Marshtomp), dan gunakan tipe Water atau Ground atau Rock untuk melawan tipe Fire (Combusken memiliki Double-Kick yang berakibat fatal untuk tipe Rock).


**********



Setelah menang melawan May|Brandon, maka dia akan memberimu HM 02-Fly. Namun HM Fly masih tidak begitu berguna bila belum mendapat GymBadge keenam. Untuk itu lanjutkan perjalanan ke Fortree City.


===================================
Fortree City, the Treetop City that Frolics with Nature
===================================

Sesampainya di Fortree City, segera heal Pokemonmu. Masuki rumah-rumah yang ada. Ada yang ingin trade Pikachu-mu dengan Skitty-nya (SKITIT). Lalu ada juga yang membuat tebak-tebakan. Pilih Right, Right, Left untuk mendapat TM 10-Hidden Power. Kemudian ada juga seorang anak yang mengutus Wingull-nya untuk mengirim surat untuk pacarnya di Mossdeep City. Ingat saja rumah anak ini. Saatnya ke Fortree Gym, tapi apa yang terjadi? Ternyata jalannya tidak bisa dilewati. Jangan marah lalu mematikan GBA-mu, apalagi membantingnya, pergi saja dahulu ke kanan Fortree City memasuki Route 120.



Ikuti jalan di Route 120 hingga sampai di jembatan. Kamu akan bertemu Steven. Dia akan memberikan kamu Devon Scope dan lihat di air, ada bayangan bukan? Periksa tempat bayangan itu berasal dan lawanlah Kecleon. Kamu bisa juga menangkapnya. Kalau dia sudah terlanjur fainted, maka kamu bisa mendapatkan Kecleon nantinya. Setelah itu, Steven akan pergi dan kamu pun kembali ke Fortree City.


*****

Kecleon adalah Pokemon unik lainnya. Ability Color Change [Change type to foe’s move] membuat dia dapat berubah tipe sesuai dengan serangan yang diberikan kepadanya. Kalau kamu pandai, gunakan Pokemon seperti Blaziken, pertama gunakan tipe Fight untuk melawannya, bila dia tetap hidup, maka tipenya akan menjadi Fight, lalu gunakan Peck atau Aerial Ace untuk strategi type advantage.


*****

Setibanya di Fortree City, segera heal Pokemon kamu. Lalu kembali ke jalan masuk Fortree Gym. Periksa dan Kecleon muncul, tapi jangan takut, dia akan pergi. Lalu masuki Fortree Gym. Puzzle disini mengajak kita untuk berpikir. Berhubung puzzlenya cukup sulit, maka saya berikan jalan singkatnya:

Lewati saja pintu pertama.


Lewati pintu kedua dari kiri, lalu dari atas.



Untuk pintu ketiga, lewati pintu kiri dari bawah, lalu lewati pintu bawah dari atas, lewati pintu kiri dari kiri,

lalu dari atas, kemudian berputar ke sebelah kanan dan masuki dari sebelah kanan.



Untuk pintu keempat, lewati pintu bawah dari kiri, lewati pintu kanan dari kiri, lewati pintu kanan dari atas,

berputar dan masuki pintu kiri dari atas, berputar lagi dan lewati pintu bawah dari bawah, kemudian lewati

pintu kanan dari kiri.


**********

Fortree City Gym

Leader: Winona



Pokemon: Swellow lv. 31

Pelipper lv. 30

Skarmory lv. 31

Altaria lv. 33



Ancaman terbesar disini adalah Altaria. Untuk Swellow, cukup gunakan Rock atau Electric Pokemon, untuk Pelipper gunakan Electric atau Ice Pokemon, dan Skarmory gunakan Fire atau Fight atau Ice atau Steel. Disini Swampert sama sekali tidak digunakan karena tipenya Ground. Sementara Blaziken hanya bisa digunakan pada Skarmory karena tipe Fight-nya dan Fire-nya, dan menggunakan Sceptile berarti kurang kerjaan. Altaria memiliki Dragon Dance, yang meningkatkan Speed dan Attack-nya. Sementara itu dia juga mempunyai Earthquake, jadi tidak mungkin menggunakan Electric. Tipe Dragon-nya membuat Altaria memiliki kelemahan hanya pada tipe Dragon dan Ice. Karena pada saat sekarang tidak mungkin mempunyai Ice dan Dragon Pokemon, maka kamu harus berusaha menggunakan move tipe Water, itu pun dengan perjuangan yang keras. Mulai dari sinilah perjalanan seorang trainer yang sebenarnya dimulai.



*****

Mulai dari poin ini, kamu akan menghadapi musuh yang tidak tanggung-tanggung susahnya. Jadi selalu persiapkan diri baik-baik. Mulai dari poin ini, sistem hints akan berubah, tidak berdasarkan starter, melainkan secara keseluruhan.


*****

Pada saat ini, Pokemonmu seharusnya berada diantara level 36 dan 38. Setelah menang kamu akan mendapatkan Feather Badge dan TM 40-Aerial Ace.

Dapatkan Feather Badge.

**********

Setelah kamu mendapatkan Feather Badge, maka kamu dapat menggunakan HM Fly diluar battle. Sekarang kamu bisa mengunjungi kota-kota yang sudah lama tidak kamu kunjungi.


Lalu lewati jembatan ditempat kamu bertemu dengan Steven. Cuaca disini akan hujan terus-menerus. Salah satu trainer berbahaya disini adalah Cooltrainer Jennifer. Dia memiliki Milotic, salah satu Water Pokemon terkuat yang ada. Movesetnya adalah Water Pulse yang cukup berbahaya. Lanjutkan terus perjalanan kebawah dan masuki Route 121. Disini kamu bisa menangkap Shuppet {R-F|S-M} dan Duskull {R-M|S-F}.


Dari Route 121 pergilah ke arah kanan yaitu Safari Zone.


==================================
Safari Zone, Filled with Rare Pokemon
==================================

Dengan membayar 500 Poke, kamu dapat memasuki Safari Zone. Kamu akan mendapatkan 30 Safari Ball untuk menangkap setiap Pokemon yang ada. Waktumu habis bila kamu telah berjalan sebanyak 500 langkah atau kehabisan Safari Ball. Kamu dapat menggunakan Pokeblock Feeder untuk memancing Pokemon untuk datang. Pokemon yang bisa kamu dapat di rerumputan adalah Pinsir, Heracross, Oddish, Gloom, Wobbuffet, Phanpy, Donphan, Doduo, Dodrio, Natu, Xatu, Girafarig, Rhyhorn dan Pikachu. Pokemon yang bisa kamu dapat di air adalah Psyduck, Golduck, Magikarp, Goldeen, Seaking dan Tentacool.


Setelah bersenang-senang di Safari Zone, maka lanjutkan ke Lilycove City.

Sesampainya di Lilycove City, segera heal Pokemon kamu. Jangan lakukan hal lainnya terlebih dahulu. Kedatangan kita kali ini hanya untuk mencatat Lilycove City pada jalur Fly kamu. Jadi kamu dapat kembali dengan cepat dari Mt. Pyre untuk heal.


Kembali ke jalan di depan Safari Zone, gunakan Surf disana dan Surf kearah kiri bawah. Setelah itu, berputar ke kanan sampai menemukan pintu masuk dan masuki pintu tersebut.


==================================
Mt. Pyre
==================================

Di Mt. Pyre ini kamu akan banyak menemukan Duskull {R-M|S-F} dan Shuppet {R-F|S-M}. Bicara pada orang tua di sudut kanan atas untuk mendapatkan Cleanse Tag. Disini jalan akan bercabang dua. Kita naiki saja dahulu tangga yang ada.


Naikilah tangga yang ada hingga sampai ke lantai tertinggi. Hati-hati, disini banyak trainer yang memakai Ghost dan Psychic Pokemon. Juga jangan masuki lubang yang ada hingga sampai ke lantai tertinggi. Di lantai atas di tempat kita mengalahkan Hex Maniac Valerie, ambil TM 30-Shadow Ball. Dan jatuhkan diri ke lubang. Ambil Lax Incense dan jatuhkan lagi ke lubang pertama untuk mendapatkan Sea Incense. Jatuhkan terus hingga ke lantai satu dan kali ini keluar melalui pintu satu lagi.


Teruskan perjalanan hingga sampai ke puncak. Jangan lupa ambil TM 48-Skill Swap dan gunakan Itemfinder untuk mencari item yang tersembunyi. Teruskan ke puncak hingga bertemu dengan Maxie|Archie. Ikuti event dan Team Magma|Aqua akan kabur membawa Blue|Red Orb. Tugasmu sekarang adalah membawa kembali Orb tersebut. Untuk itu, kamu diberikan Red|Blue Orb. Kamu dapat mendengarkan cerita dibalik terciptanya Orbs ini dari kakek yang ada dibelakang. Setelah itu, gunakan Fly ke Slateport City.

*****

Di Mt. Pyre, terdapat satu Pokemon sangat langka yaitu Chimecho, Pokemon ini bertipe Psychic, memiliki abililty Levitate [Not hit by Ground attacks] dan cukup menarik untuk dikumpulkan menambah koleksi.

*****

Sesampainya di Slateport City, segera bicara dengan Captain Stern, dan ikuti event yang terjadi. Ternyata Maxie|Archie telah mencuri Submarine Explorer-1. Setelah itu heal Pokemonmu dan segera Fly ke Lilycove City.

*****

Di Slateport City terdapat Pokemon Contest Hyper Rank Registration.

*****

*****

Kalau kamu memilih untuk kembali ke jalan masuk Mt. Pyre dan menelusuri rute dibawahnya, maka kamu akan sampai kepada Route 123. Terus telusuri untuk dapat mencapai Berry Master's House. Namun sebaiknya kamu jangan berbicara kepada istrinya karena nantinya kamu harus memenangkan Hoenn League untuk mendapatkan kata tertentu.

*****

==================================
Lilycove City, where the Land Ends and the Sea Begins
==================================

Di Lilycove City tidak ada gym. Jadi kita bisa agak santai. Namun segeralah heal Pokemonmu. Disini terdapat Move Deleter untuk menghapus move yang tidak kamu inginkan termasuk HM. Disini juga ada Dept. Store, namun May|Brandon menghalangi jalanmu, dan dia tidak akan pergi kecuali kamu battle dengannya. Jadi segeralah battle.

**********

May|Brandon

Enemy: Jika startermu Treecko: Combusken lv. 34

Shroomish lv. 32

Wailmer lv. 32

Swellow lv. 31

Jika startermu Torchic: Marshtomp lv. 34

Numel lv. 32

Shroomish lv. 32

Swellow lv. 31

Jika startermu Mudkip: Grovyle lv. 34

Numel lv. 32

Wailmer lv. 32

Swellow lv. 31



Pertarungan kali ini seharusnya sangat mudah bagimu bila kamu tetap menyimpan Pokemon yang kamu gunakan untuk melawannya dulu. Seharusnya Pokemonmu sekarang ini berada antara level 38 dan 40.

**********

Setelah menang melawan May|Brandon, maka segeralah heal Pokemonmu dan selesaikan urusanmu disini. Kamu dapat membeli Lemonade seharga 350 Poke untuk menyembuhkan 80 HP. Lumayan murah. Dapatkan TM 44-Rest di salah satu rumah beratap biru. Setelah itu bersiaplah untuk memasuki Magma|Aqua Hideout. Pergi ke ujung kanan dan Surf disitu. Dan pergilah kearah atas memasuki gua.


==================================
Magma|Aqua Hideout
==================================

Pada dasarnya Magma Hideout dan Aqua Hideout adalah sama. Yang berbeda hanyalah fitur Hideoutnya. Kalau Magma Hideout, mereka menggunakan bukit dan gundukan tanah sementara Aqua Hideout menggunakan air.


*****

PASTIKAN KAMU MENDAPATKAN MASTER BALL DISINI KARENA SETELAH KAMU MENYELESAIKAN TUGAS DISINI KAMU TIDAK DAPAT KEMBALI LAGI.



*****



Banyak sekali Team Magma|Aqua yang berkeliaran disini, namun jangan takut, mereka semua sangat gampang untuk dikalahkan.

Pertama, setelah melawan Grunt, naikilah tangga dan masuki teleporter sebelah kanan untuk Max Elixir. Kemudian kembali dan masuki yang satunya.

Setelah itu pergi kekanan mengitari pagar dan masuki teleporter kiri.

Masuki teleporter kiri dan ke arah kiri memasuki teleporter lain. Lakukan sebanyak tiga kali. Kali keempat, masuki teleporter ditengah dan masuki teleporter paling kiri.

Kamu akan menemukan 4 items:


1 2 Keterangan:

\ / 1 - Master Ball

OO 2 - Electrode lv. 30

OO 3 - Nugget

/ \ 4 - Electrode lv. 30

3 4


Kembali ke teleporter, ambil teleporter tengah. Ke kanan memasuki teleporter lain dan keatas memasuki teleporter lain.



Masuki teleporter paling ujung kanan dan masuki pintunya.

Kebawah dan masuki teleporter untuk sebuah Nest Ball. Kemudian kembali dan masuki teleporter lain. Naiki tangga dan ambil jalan memutar kekanan dan turuni tangga lalu masuki teleporter.


Ikuti event lalu masuki teleporter bawah, naiki tangga dan keluar dari Magma|Aqua Hideout. Sekarang kita dapat melangkah ke Mossdeep City.



*****

Setelah menyelesaikan urusan di Magma|Aqua Hideout, maka kamu tidak akan dapat memasukinya lagi.


*****


Segera heal Pokemonmu dan lanjutkan perjalanan ke sebelah kanan Lilycove City hingga mencapai Hunter's House. Lanjutkan sedikit ke kanan untuk memasuki Mossdeep City.


*****

Kamu dapat menukarkan Shards yang kamu temukan kepada Hunter untuk:


Red Shard untuk Fire Stone
Green Shard untuk Leaf Stone
Blue Shard untuk Water Stone
Yellow Shard untuk Thunder Stone

*****

==================================
Mossdeep City, a Town which Cherish Pokemon
==================================

Setibanya disini, kamu segera heal Pokemonmu. Lalu bicaralah pada orang yang mondar-mandir didekat Pokemon Center untuk mendapatkan King's Rock. Masuki rumah Steven untuk mendapatkan HM 08-Dive. Ya, ini adalah HM terbaru dari Hoenn. Untuk menggunakannya kamu harus mengalahkan Gym Leader disini. Dapatkan Super Rod pada Fisher yang berada dirumah diujung atas. Sekarang kamu akan menantang salah satu Gym Leader tersulit. Pastikan level Pokemonmu berada diantara level 40 dan 43. Kalau belum cukup, maka lihatlah Trainer's Eye pada PokeNav dan cari trainer yang ingin battle. Atau kamu juga bisa mengumpulkan level di Route 107 sampai Route 109. Kalau merasa sudah cukup matang, masuki Mossdeep Gym.


Sialnya, kamu harus menghadapi lantai berjalan. Kalau kamu berniat mengumpulkan level maka sekarang saat yang tepat. Para trainer disini memiliki Pokemon dengan level antara 37 dan 38. Menghadapi lantai berjalan ini, maka sebaiknya kamu temukan sendiri jalurnya dengan cara menukar posisi switch yang ada. Hal ini ditujukan agar kamu dapat mengumpulkan level Pokemonmu. Setelah akan menghadapi Gym Leader, siapkan 2 Pokemon terbaikmu pada slot 1 dan 2. Bicara dengan salah satu dari mereka dan lawan mereka. Ini adalah 2on2 Gym battle yang pertama sekali!

**********

Mossdeep City Gym

Leader: Tate and Liza



Pokemon: Solrock lv. 42

Lunatone lv. 42

Battle ini memang cukup aneh. Meskipun GymLeader-nya mengklaim bahwa mereka adalah pengguna Psychic Pokemon, yang dikeluarkan malah Rock Pokemon. Namun memang, kedua Rock Pokemon itu memiliki move Psychic. Sekali lagi, hati-hati terhadap move mereka. Memang kelihatannya Solrock mudah dikalahkan, namun Solrock memiliki Flamethrower, yang berarti Sceptile hampir tidak bisa digunakan kecuali kamu menggunakan move Leaf Blade dan mendapat first move. Sementara bila menggunakan Blaziken, mereka mengetahui move Psychic, jadi bagi pengguna Blaziken, seranglah dengan Double-Kick secepatnya. Bagi pengguna Swampert, bukan berarti tidak ada tantangan, serangan Psychic mereka betul-betul (dan memang betul-betul) sangat kuat. Gunakan Surf atau Water move lain. Saya sendiri menggunakan Blaziken lv. 53 dan Sceptile lv. 46. Dan saya akui ini adalah salah satu pertarungan paling sulit yang pernah saya alami. Setelah menang dapatkan GymBadge dan TM 04-Calm Mind.

Dapatkan Mind Badge.

**********

Setelah menang segera heal Pokemonmu. Kemudian mampir sejenak ke Mossdeep Space Center. Masuk dan bicaralah pada semua orang untuk mendapatkan Sun Stone. Periksa juga batu putih diluar gedung.

Sebelum melanjutkan perjalanan, ada baiknya kalau kamu Surf sampai mencapai Route 131 (Surf terus kebawah dari Mossdeep City) lalu berbelok ke kanan dan mencapai Pacifidlog Town. Tujuan datang kesini adalah agar mudah untuk mengunjunginya nanti.

Lalu gunakan Surf pergi ke Route 127. Begitu menemukan daerah yang lebih dalam, maka segera gunakan HM Dive.

*****
Sebelum kamu pergi, kamu dapat mengunjungi Shoal Cave. Gunakan Surf dari Mossdeep City kearah atas keluar ke Route 126 dan kembali ke perairan Mossdeep City sebelah atas. Terus jalan hingga menemukan pintu masuk Shoal Cave. Pada saat pasang naik (High Tide), maka daerah ini tertutup air. Sementara itu, kumpulkanlah 4 buah Shoal Shells. Keluar dan tunggu hingga pasang surut (Low Tide), kira-kira berjarak waktu 6 jam, dan kumpulkan 4 Shoal Sand. Sementara mengumpulkan Shoal Sand, kamu bisa mendapatkan Focus Band dan bila kamu memasuki bagian dalam Shoal Cave, maka kamu akan sampai di bagian es. Disini kamu bisa menangkap Snorunt, pre-evolved form dari Glalie, dan juga item Nevermeltice. Setelah mengumpulkan 4 Shoal Shells dan 4 Shoal Sand, maka bicara kepada kakek didekat pintu masuk untuk menukarkannya dengan sebuah Shoal Bell.

*****

*****

Jangan lupa untuk membawa Pokemon yang mengetahui Rock Smash dan Strength.


*****

Telusuri jalan hingga menemukan pintu masuk bawah air. Masuki dan temukan Submarine Explorer-1. Gunakan Dive kembali keatas.

==================================
Seafloor Cavern
==================================

Segera masuki gua yang ada lalu gunakan Rock Smash. Lalu gunakan Strength dan dorong batu untuk membuka jalan. Naiki tangga lalu masuki pintu bawah. Loncati gundukan dan masuki pintu sebelah atas. Gunakan Strength dan dorong batu keatas. Kemudian ke kanan dan dorong batu ke kanan. Keluar ruangan dan masuki kembali. Dorong batu ke arah atas. Lalu ke kanan dan ke atas serta dorong batu ke atas. Ke kiri dan dorong batu ke kiri. Gunakan Rock Smash, ke atas lalu dorong batu ke atas. Ke kiri dan gunakan Rock Smash. Dorong batunya ke kiri dan masuki pintunya.


Dari pintu, gunakan Surf ke atas, kanan, kanan dan kiri kemudian keluar dari ruangan itu.


Dorong batu ke atas 1 langkah, kemudian pergi ke tengah-tengah antara dua batu sebelah bawah. Dorong salah satu ke kiri sampai tidak bisa bergerak, kemudian lakukan hal yang sama dengan yang sebelah kanan. Lanjutkan ke antara dua batu dan lakukan kembali hal yang sama. Lanjutkan kembali antara dua batu, namun kali ini dorong batu ke atas. Ke atas dan dorong batu ke kanan lalu masuki ruangan selanjutnya.


Dorong kedua batu yang mengapit batu tengah ke atas. Dorong yang tengah ke samping. Naik dan dorong batunya 1 langkah ke atas. Dorong dua batu lainnya ke samping. Pergilah ke sebelah kiri dan dorong batu ke atas. Kemudian pergilah ke sebelah kanan dan dorong batunya ke atas. Dorong batu tengah ke samping dan masuki ruangan selanjutnya.

Ruangan berkabut ini memiliki item yang tidak boleh dilewatkan, yaitu TM 26-Earthquake. Ambil TM ini, segera save dan lanjutkan perjalanan untuk melawan Maxie|Archie. Pastikan levelmu berada diatas level 40.


**********

Ruby Hints:

Magma Leader Maxie

Enemy: Mightyena lv. 41

Camerupt lv. 43

Crobat lv. 41



Battle kali ini termasuk battle yang sulit. Bila kamu menggunakan Sceptile, gunakan untuk melawan Mightyena, kemudian gantikan dengan Water Pokemon untuk melawan Camerupt dan akhirnya gunakan Rock Pokemon untuk melawan Crobat. Untuk yang menggunakan Blaziken, gunakan untuk melawan Mightyena dan Camerupt. Gunakan Blaze Kick pada Crobat. Untuk pengguna Swampert, gunakan Muddy Water atau Surf untuk melawan Mightyena dan Camerupt, lalu gunakan Rock Pokemon untuk melawan Crobat.


Sapphire Hints:

Aqua Leader Archie

Enemy: Mightyena lv. 41

Sharpedo lv. 43

Crobat lv. 41


Sama seperti melawan Maxie, bagi pengguna Sceptile, gunakan untuk melawan Mightyena dan gunakan Leaf Blade untuk melawan Sharpedo, lalu gantikan dengan Rock Pokemon untuk melawan Crobat. Bagi pengguna Blaziken, gunakan Double-Kick pada Mightyena dan Sharpedo lalu gunakan Blaze Kick untuk melawan Crobat. Untuk Swampert, gunakan untuk melawan Mightyena, ganti dengan Grass atau Electric atau Fight Pokemon untuk melawan Sharpedo, lalu ganti dengan Rock Pokemon untuk melawan Crobat.

**********


Setelah berhasil melawannya, ternyata monster dalam kolam menjadi terbangun akibat Blue|Red Orb yang dibawa. Kemudian Archie|Maxie muncul dan menjelaskan semuanya. Cuaca diatas menjadi sangat terik | hujan deras. Kemudian mereka pergi dan Steven datang dan menyuruhmu pergi ke Sootopolis City.

*****

Ada baiknya kalau kamu memiliki paling tidak 20 Ultra Balls, 15 Timer Balls dan 10 Nest Balls.


*****

Dari tempat ini, gunakan Surf ke Route 126 dan kemudian cari tempat untuk Dive. Bila didasar laut kamu menemukan rerumputan, maka kamu sudah berada pada jalan yang tepat. Cari pintu masuk Sootopolis City dibawah laut. Masuki Sootopolis City dan segera heal Pokemonmu. Kemudian pergilah ke daratan sebelah kiri dan keatas hingga mencapai Cave of Origins. Ikuti event dan masuklah. Pastikan memiliki Pokemon yang tahu Flash dan level Pokemonmu berada antara level 42 dan 46.


==================================
Cave of Origins
==================================

Masuki gua dan gunakan Flash. Ikuti saja jalannya karena ini jalan satu-satunya. Jangan lupa ambil HM 07-Waterfall. Sesampai di lantai dasar (kamu dapat melihat kolamnya), segera SAVE dan lanjutkan perjalanan untuk battle legendary pertamamu, usahakan untuk menangkapnya, namun JANGAN gunakan Master Ball. Battle ini cuma sekali.....


**********
Ruby Hints:

Legendary: Groudon lv. 45



Ability: Drought [Summons sunlight in battle]

Moveset: Slash

Bulk Up

Fire Blast

Earthquake

Gunakan Water Pokemon atau Fight Pokemon untuk melawannya. Movenya yang paling berbahaya adalah Fire Blast. Jangan gunakan Rock Pokemon atau Grass Pokemon atau Fire Pokemon kecuali kamu sudah sangat ahli dan perbedaan levelnya sangat besar. Strategi saya adalah gunakan langsung Blaziken untuk membuat HP-nya kritis, bila Groudon menggunakan Earthquake, maka segera ganti dengan Pokemon lain. Bila perlu, gunakan Revive. Setelah HP-nya kritis, segera lemparkan Ultra Ball. Setelah paling tidak 10 turn atau lebih, gunakan Nest Ball. Lalu setelah beberapa turn kemudian gunakan Timer Ball. Balls yang kamu gunakan tidak harus habis. Gunakan sesuai keinginan, namun Timer Ball akan lebih efektif bila digunakan setelah lama battle dan Nest Ball efektif bila Pokemon musuh lemah. Bila Groudon fainted, kamu boleh restart game atau melanjutkannya. Tapi saya yakin kamu pasti ingin menangkapnya.


Sapphire Hints:

Legendary: Kyogre lv. 45


Ability: Drizzle [Summons rain in battle]


Moveset: Body Slam

Calm Mind

Ice Beam

Hydro Pump

Berbeda dengan Groudon, Kyogre tidak mempunyai Attack dan Defense setinggi Groudon, namun status Special Attack dan Special Defense-nya lebih tinggi sehingga Hydro Pump-nya menjadi masalah (Blaziken-ku level 57 langsung OHKO dengan sekali Hydro Pump Kyogre). Menggunakan Sceptile juga bukan pilihan baik, karena dia memiliki Ice Beam (Sceptile-ku level 48 langsung kritis sekali Ice Beam). Namun menggunakan Swampert juga bukan pilihan baik. Jadi gunakanlah Electric Pokemon yang benar-benar murni Electric, bukan campuran Steel|Electric seperti Magneton, karena akan sama saja. Kalau strategi saya menggunakan Sceptile dan Pokemon lain, habiskan PP Ice Beam (10 turn) dan Hydro Pump (5 turn) lalu menggantinya dengan Blaziken dan menggunakan Double-Kick atau Aerial Ace. Setelah HP nya kritis, maka mulai melempar Ultra Ball, Timer Ball dan Nest Ball. Bila Kyogre fainted, kamu boleh restart game atau melanjutkannya. Tapi saya yakin sekali kamu pasti akan menangkapnya.


**********

================================
Sootopolis City, the Mystical City where History Slumbers
================================

Setelah melawan Groudon|Kyogre, maka sekarang tugas kita adalah mengambil GymBadge kedelapan. Setelah keluar dari Cave of Origins, maka segera heal Pokemonmu dan masuki Sootopolis Gym.


Dalam gym ini ada puzzle. Kamu harus melewati lantai tanpa memecahkan es. Kalau pecah, kamu akan terjatuh, dimana di tempat kamu terjatuh banyak trainer. Jadi, kamu dapat menggunakan kesempatan ini untuk mengumpulkan level Pokemonmu. Pada saat ini level Pokemonmu harus berkisar antara level 43 dan 47.


Kalau kamu benar-benar tidak mau untuk mengumpulkan level, maka saya akan beritahu jalan singkatnya.


Lantai 1: Atas, Kanan, Atas, Kiri, Kiri, Atas, Kanan

Lantai 2: Atas, Kiri, Kiri, Kiri, Atas, Atas, Kanan, Kanan, Bawah, Kanan, Kanan, Kanan, Bawah, Kanan, Atas,

Atas, Kiri, Kiri, Kiri


Lantai 3: Atas, Kanan, Kanan, Atas, Kanan, Kanan, Bawah, Kanan, Atas, Atas, Atas, Kiri, Kiri, Bawah, Kiri,

Atas, Kiri, Bawah, Bawah, Kiri, Kiri, Bawah, Kiri, Atas, Kiri, Bawah, Kiri, Atas, Kiri, Atas, Atas,

Kanan, Bawah, Kanan, Atas, Kanan, Bawah, Kanan, Atas, Kanan.


Setelah melewati lantai tersebut, kamu akan melawan Wallace.


**********

Sootopolis City Gym

Leader: Wallace


Pokemon: Luvdisc lv. 40

Sealeo lv. 40

Seaking lv. 42

Milotic lv. 43

Whiscash lv. 42


Untuk melawan Luvdisc, cukup gunakan Electric atau Grass Pokemon. Untuk melawan Sealeo, gunakan Electric atau Fight Pokemon, jangan gunakan Grass Pokemon karena Sealeo bertipe Ice|Water. Untuk melawan Seaking, kembali gunakan Electric atau Grass Pokemon. Gunakan juga untuk Milotic, hati-hati terhadap serangan Water Pulse-nya. Untuk melawannya, kamu betul-betul butuh perjuangan yang keras. Sementara melawan Whiscash, gunakan HANYA Grass Pokemon. Tipe Ground-nya membuat dia kebal terhadap Electric sama seperti Swampert dan tipe Water-nya membuat serangan Water tidak menjadi masalah. Setelah menang dapatkan GymBadge dan TM 03-Water Pulse.

Dapatkan Rain Badge.


**********

Setelah menang, sekarang saatnya menempuh Hoenn League. Segera heal Pokemonmu, dan kamu akan memerlukan Pokemon yang tahu Fly, Surf, Strength, Flash, Rock Smash dan Waterfall.


*****

Meskipun Kyogre dapat mempelajari SEMUA itu, JANGAN sia-siakan movesetnya. Gunakan Pokemon lain untuk hal tersebut.

Meskipun Groudon dapat mempelajari BEBERAPA dari HM tersebut, JANGAN sia-siakan movesetnya. Gunakan Pokemon lain untuk hal tersebut.


*****

Setelah itu, Fly ke Mossdeep City dan Surf kebawah hingga mencapai Route 128 dan kemudian ke arah kanan.

Kalau kamu berada di jalan yang benar, maka kamu harus menggunakan Waterfall untuk dapat masuk ke Evergrande City.


==================================
Evergrande City, the Paradise of Flowers, the Sea and Pokemon
==================================

Disini ada Pokemon Center. Jadi segera heal Pokemonmu dan masuklah ke gua didekatnya, Victory Road.

=================================
Victory Road
==================================

Ini adalah jalan kemenangan. Seharusnya kamu berusaha sendiri disini, namun tidak ada salahnya untuk mengikuti walkthrough ini:


Begitu memasuki gua, ke atas, kiri, berputar ke bawah dan kanan. Dari sana, naiklah ke atas, ke kiri sedikit dan naiki tangga, ke bawah untuk mendapatkan Max Elixir. Lompati gundukan, ke kiri, lompati gundukan lain, ke atas, naiki tangga, lewati jembatan, ke atas dan turuni tangga.


Gunakan Flash untuk menerangi jalanmu dan ke arah bawah. Ke kiri dan dorong batu ke kiri, kemudian berputar ke bawah dan dorong batu ke kanan. Pergi ke bawah dan ikuti jalan, kemudian naiki tangga. Ambil PP Up, dan kembali ke tempat sebelum dua buah batu besar dan dua buah rocks. Gunakan Rock Smash dan naiki tangga. Lewati jembatan dan ke atas. Dorong batunya dan ambil Full Restore. Lalu ke bawah, kiri dan turuni tangga.


Ke atas dan Surf ke atas. Naiki tangga, ke atas dan ke kanan sedikit, lalu naiki tangga. Ambil TM 29-Psychic dan kembali turuni tangga. Ke bawah dan turuni tangga kemudian Surf ke kiri. Turuni air terjunnya dan gunakan Itemfinder untuk menemukan Elixir. Kemudian ke kiri untuk mendapatkan Full Heal setelah battle. Surf ke kiri sampai kembali ke tanah. Ke bawah dan turuni air terjun, Surf ke kanan, dan naiki tangga.


Loncati gundukan ke kiri dan kemudian ke bawah. Turuni tangga, kemudian loncati gundukan, pergi ke atas, gunakan Surf dan naiki tangga. Ke bawah dan ke kanan. Gunakan Rock Smash, dorong batu ke bawah, gunakan lagi Rock Smash, putari batu dan naiki tangga.

Terus lanjutkan perjalananmu, namun setelah battle dengan Cooltrainer Edgar, jangan lupa save. Kamu akan menemukan sesuatu yang mengejutkan.....


Ternyata adalah Wally, dia akan menantangmu battle. Tapi jangan salah, dia juga telah menjadi sangat kuat. Jangan remehkan Pokemonnya lagi. Dia ingin membuktikan padamu bahwa dia bukanlah seorang pemula lagi.

**********
Wally

Enemy: Altaria lv. 44

Roselia lv. 44

Delcatty lv. 43

Magneton lv. 41

Gardevoir lv. 45

Ingat Ralts-nya? Ternyata sudah menjadi salah satu Psychic Pokemon terkuat, Gardevoir. Untuk melawan Altaria, gunakan trik yang sama saat melawan Winona (Fortree Gym Leader). Untuk melawan Roselia, gunakan Flying atau Fire atau Psychic atau Ice Pokemon. Untuk melawan Delcatty, gunakan Fight Pokemon. Untuk melawan Magneton, gunakan Fire atau Fight atau Ground Pokemon. Sementara untuk Gardevoir, kamu putuskan sendiri untuk menggunakan apa. Bagaimanapun juga, Wally memberimu kesempatan untuk menguji kemampuanmu sebagai seorang trainer.

**********

Setelah melawan Wally, maka pergilah ke kanan dan keluarlah. Bersiaplah untuk Elite Four.


==================================
Evergrande City Pokemon League
==================================

Sesampai disini, segera heal Pokemonmu. Dan belilah item untuk heal yang banyak dan bersiaplah masuk untuk melawan Elite Four. Pastikan levelmu berada antara level 45 dan 50.


*****
Untuk item lebih hemat, belilah:


Hyper Potion [Heals 200 HP], 1200 Poke

Lemonade [Heals 80 HP], 350 Poke pada mesin kaleng di lantai teratas Lilycove Dept. Store

Lava Cookie [Heals all status problems], 200 Poke pada nenek setelah cable car di Mt. Chimney


Jangan gunakan herbal pada Pokemon. Mereka TIDAK SUKA herbal, sehingga mengurangi rasa suka Pokemon tersebut terhadapmu.


Setelah memasuki Hoenn League nantinya, JANGAN SAVE SATU KALI PUN, karena misalnya kamu merasa levelmu terlalu rendah, kamu dapat restart game dan kumpulkan level terlebih dahulu.

*****

Kalau sudah siap, segeralah masuk.


==================================
Elite Four
==================================

Elite Four number One: Sidney the Dark Conqueror


Sidney adalah salah satu dari Winstrate Family. Dia merupakan Dark Pokemon Master. Dia adalah yang terendah dalam Elite Four. Jadi kalau kamu kesulitan saat melawannya, maka kamu tidak akan bisa untuk melanjutkan Hoenn League ini.



Full Restore: 2

Mightyena lv. 46

Ability: Intimidate [Lowers the foe's attack]

Moveset: Sand-Attack, Crunch, Swagger, Take Down

Gunakan: Fight Pokemon

Untuk melawan Mightyena, cukup gunakan Fight move.


Shiftry lv. 48

Moveset: Fake Out, Double Team, Extrasensory, Swagger

Gunakan: Fight Pokemon, Fire Pokemon, Flying Pokemon, Ice Pokemon

Untuk melawan Shiftry, kamu memiliki banyak variasi. Move Fake Out akan membuat kamu flinch. Bila Shiftry menggunakan Double Team terus menerus, gunakan Aerial Ace, karena Aerial Ace tidak pernah miss.


Absol lv. 49

Ability: Pressure [Raises foe's PP usage]

Moveset: Sword Dance, Slash, Aerial Ace, Snatch

Item: Sitrus Berry

Gunakan: Fight Pokemon

Absol memiliki Sword Dance yang meningkatkan Speed serta Attacknya. Jadi bila tidak cepat-cepat hal ini akan menjadi petaka. Gunakan segera Fight move untuk melawannya. Ability Pressure-nya membuatmu harus mengeluarkan 2 PP untuk satu move.


Sharpedo lv. 48

Ability: Rough Skin [Hurts to touch]

Moveset: Surf, Swagger, Crunch, Slash

Gunakan: Electric Pokemon, Grass Pokemon, Fight Pokemon

Sharpedo memiliki ability Rough Skin, yang akan melukai 1/16 HP dari MAX HP Pokemonmu. Memang sepele, namun harus hati-hati bila HP Pokemon rendah, sebaiknya segera heal Pokemon baru serang. Variasi tipe seranganmu amat banyak.


Cacturne lv. 46

Moveset: Cotton Spore, Needle Arm, Leech Seed, Faint Attack

Gunakan: Fight Pokemon, Flying Pokemon, Ice Pokemon

Bila berhadapan dengan Cacturne, gunakan Ice Pokemon untuk damage yang lebih besar. Move seperti Ice Beam sangatlah berguna.


Jangan gunakan: Ghost Pokemon, Psychic Pokemon

*****

Ability yang saya masukkan adalah ability yang tergolong berbahaya bagi Pokemonmu.

Saya tidak memasukkan tipe moveset yang mereka gunakan, jadi anggap hal itu sebagai tantangan untuk melawan mereka.



*****


Elite Four number Two: Phoebe the Ghost Communicator


Phoebe adalah cucu dari nenek yang ada di Mt. Pyre. Dia merupakan Ghost Pokemon Master. Battle melawannya termasuk susah karena tipe Ghost-nya.


Full Restore: 2


Dusclops lv. 48

Ability: Pressure [Raises foe's PP usage]

Moveset: Curse, Shadow Punch, Confuse Ray, Future Sight

Gunakan: Dark Pokemon

Untuk melawan Dusclops ini, lakukan dengan cepat. Karena dia memiliki ability Pressure. Serangannya memang tidak begitu menyebabkan HP kritis, namun PP yang menjadi masalah. Curse juga kelihatannya akan dipakai pada first move, jadi usahakan mendapatkan OHKO dalam first move.


Banette lv. 49

Moveset: Shadow Ball, Spite, Faint Attack, Will-o-Wisp

Gunakan: Dark Pokemon

Sama seperti Dusclops, segera hajar dia, memang dia tidak memiliki ability Pressure, namun Spite-nya jauh lebih berbahaya karena dapat mengurangi PP sebanyak 5. Biasanya dia akan menggunakan Spite setelah Shadow Ball.


Sableye lv. 50

Moveset: Attract, Shadow Ball, Faint Attack, Night Shade

Gunakan: Dark Pokemon

Sableye bukanlah ancaman yang luar biasa. Hanya saja kalau kamu memang berniat menyembuhkan Pokemon, hati-hati terhadap Night Shade, move ini akan mengurangi HP Pokemonmu sebesar levelnya.



Banette lv. 49

Ability: Insomnia [Prevents sleep]

Moveset: Psychic, Toxic, Shadow Ball, Skill Swap

Gunakan: Dark Pokemon

Berbeda dengan Banette diatas, Banette yang satu ini tidak memiliki Spite. Namun berhubung levelnya sama, maka kita harus tetap berhati-hati karena kita tidak tahu Banette mana yang dikeluarkannya. Sementara ability Insomnia-nya membuatnya tidak dapat terkena status Sleep, jangan sampai dia memakai Skill Swap untuk menukar ability-nya itu dengan ability Pokemonmu.



Dusclops lv. 51

Ability: Pressure [Raises foe's PP usage]

Moveset: Earthquake, Ice Beam, Confuse Ray, Shadow Ball

Item: Sitrus Berry

Gunakan: Dark Pokemon

Sama seperti Dusclops sebelumnya, Dusclops yang satu ini juga memiliki Pressure. Selain itu, dia memiliki Earthquake dan Ice Beam, jadi usahakan lakukan serangan OHKO.


Jangan gunakan: Fight Pokemon, Ghost Pokemon, Normal Pokemon, Psychic Pokemon


Elite Four number Three: Glacia the Freezing Beauty


Glacia adalah kakak dari Tate dan Liza, Gym Leader Mossdeep City. Dia adalah Ice Pokemon Master. Salah satu battle yang cukup sulit bila kamu tidak mempersiapkan diri. "Bila kamu tidak mempersiapkan diri", karena Blaziken-ku + Sky Uppercut = selamat tinggal Glacia. Jadi kamu harus benar-benar mempersiapkan diri.

Full Restore: 2



Glalie lv. 50

Moveset: Hail, Crunch, Ice Beam, Light Screen

Gunakan: Fight Pokemon, Fire Pokemon

Untuk move Light Screen, jangan kuatir, saya hanya melihat Glalie memakainya sekali dalam setahun. Sementara itu, gunakan Fire move seperti Flamethrower untuk efek OHKO



Sealeo lv. 50

Moveset: Surf, Hail, Ice Ball, Body Slam

Gunakan: Electric Pokemon, Fight Pokemon

Untuk kasus ini, jangan gunakan Fire Pokemon karena pasti dijamin segera fainted. Gunakan saja Fight atau Electric Pokemon. Dan Sealeo akan memulai hujan es (Hail) bila Glalie belum memulainya.


Walrein lv. 53

Moveset: Blizzard, Surf, Sheer Cold, Body Slam

Item: Sitrus Berry

Gunakan: Electric Pokemon, Fight Pokemon

Sheer Cold adalah move baru yang merupakan salah satu move OHKO. Namun bila Pokemonmu memiliki level lebih tinggi, maka Sheer Cold tidak dapat digunakan. Ada kemungkinan dalam game bahwa Sheer Cold ini digantikan oleh Aurora Beam. Walrein sangatlah sulit untuk dilawan, namun gunakan saja Fight Pokemon atau Electric Pokemon.


Glalie lv. 52

Moveset: Hail, Ice Beam, Crunch, Shadow Ball

Gunakan: Fight Pokemon, Fire Pokemon

Sama seperti Glalie sebelumnya, segera hajar dia.



Sealeo lv. 52

Moveset: Blizzard, Attract, Hail, Dive

Gunakan: Electric Pokemon, Fight Pokemon

Sama seperti Sealeo sebelumnya, namun hati-hatilah terhadap Blizzard dan Attract.



Jangan gunakan: Bug Pokemon, Dragon Pokemon, Fire Pokemon (untuk Sealeo dan Walrein), Flying Pokemon, Ghost Pokemon (karena ada Dark move), Grass Pokemon, Ground Pokemon, Poison Pokemon, Psychic Pokemon (karena ada Dark move), Rock Pokemon


Elite Four number Four: Drake the Dragon Master


Drake adalah kakek dari Flannery, Gym Leader Lavaridge Town. Dahulu dia adalah Gym Leader disana namun dia menjadi Champion dan tergantikan oleh seseorang. Dia adalah Dragon Pokemon Master, jadi bersiaplah melawannya karena Dragon Pokemon adalah tipe Pokemon yang hampir kebal terhadap apapun.



Full Restore: 2


Shellgon lv. 52

Moveset: Rock Tomb, Protect, Dragon Claw, Crunch

Gunakan: Dragon Pokemon, Ice Pokemon

Shellgon biasanya menggunakan Protect lebih banyak. Jadi bila kamu cepat, kamu dapat melakukan OHKO segera.


Flygon lv. 53

Moveset: Sandstorm, Dragonbreath, Dig, Fly

Gunakan: Dragon Pokemon, Ice Pokemon

Kalau kamu menggunakan Ice Beam, bila Pokemonmu cukup kuat, maka dia akan segera OHKO. Sementara bila menggunakan Blizzard, dijamin langsung OHKO. Namun biasanya dia akan menggunakan Sandstorm pada first move.


Flygon lv. 53

Moveset: Crunch, Sand-Attack, Dragonbreath, Flamethrower

Gunakan: Dragon Pokemon, Ice Pokemon

Bagi Ice Pokemon, segera lakukan OHKO, karena bila tidak akan di-OHKO terlebih dahulu dengan Flamethrower.


Altaria lv. 54

Moveset: Dragon Dance, Take Down, Dragonbreath, Refresh

Gunakan: Dragon Pokemon, Ice Pokemon

Langsung gunakan Ice move begitu Altaria dikeluarkan. Bila kamu terbiasa menghadapi Altaria, maka Altaria yang satu inipun bukan masalah.



Salamence lv. 55

Ability: Intimidate [Lowers foe's attack]

Moveset: Dragon Claw, Fly, Flamethrower, Crunch

Item: Sitrus Berry

Gunakan: Dragon Pokemon, Electric Pokemon, Ice Pokemon

Karena memiliki tipe Dragon|Flying, maka kita dapat menggunakan Electric move. Hati-hati dengan Flamethrower dan Fly-nya. Memang sulit melawan Salamence, kalau bisa langsung gunakan Ice move dan selesai sudah.



Jangan gunakan: Kecuali Ice, jangan pakai semua tipe Pokemon bahkan Dragon sekalipun bila kamu tidak menguasai penggunaan Dragon Pokemon.


Setelah menang melawan Drake, maka perjalanan kita berlanjut. Segera heal Pokemonmu dan lanjutkan perjalanan. Kamu akan bertemu hal yang mengejutkan lagi, ternyata Champion sudah menunggumu dan...


==================================
Champion Battle
==================================

League Champion: Steven the Steel-hearted Champion


Steven Stone adalah anak dari Mr. Stone, pemilik Devon Corp. Ya, dia adalah orang yang sama yang memberimu petunjuk ini-itu dalam perjalananmu. Memang begitulah seharusnya seorang trainer yang telah berhasil, membantu trainer lain yang sedang dalam perjalanannya. Dia menggunakan Steel Pokemon, jenis Pokemon baru yang baru ditemukan oleh Professor Elm di Crystal version. Meskipun battle ini cukup aneh, dia banyak menggunakan Rock Pokemon juga.


Full Restore: 8


Skarmory lv. 57

Moveset: Steel Wing, Toxic, Aerial Ace, Spikes

Gunakan: Electric Pokemon, Fight Pokemon, Fire Pokemon, Ice Pokemon

Langsung saja gunakan Fire move kepada Skarmory, dia bukanlah ancaman terbesarmu. Hati-hati bagi Fight Pokemon terhadap Aerial Ace-nya.


Aggron lv. 56

Moveset: Solarbeam, Thunder, Earthquake, Dragon Claw

Gunakan: Fight Pokemon, Ground Pokemon, Ice Pokemon, Water Pokemon

Untuk melawannya, langsung pakai Earthquake, namun kamu harus paling tidak memiliki kesempatan untuk first move.



Cradily lv. 56

Moveset: Giga Drain, Sludge Bomb, Confuse Ray, Ancient Power

Gunakan: Fight Pokemon, Ice Pokemon

Untuk melawannyua, gunakan Ice move atau Fight move. Jangan gunakan Ground kecuali kamu ingin melihat Giga Drain.


Armaldo lv. 56

Moveset: Slash, Ancient Power, Water Pulse, Aerial Ace

Gunakan: Fight Pokemon, Ground Pokemon, Ice Pokemon

Bagi Fight Pokemon, hati-hati terhadap Aerial Ace-nya, sementara bagi Ground Pokemon, usahakan memakai Earthquake sebagai first move dalam turn pertama. Tetap berhati-hati terhadap Water Pulse.

Claydol lv. 55

Ability: Levitate [Not hit by Ground attacks]

Moveset: Light Screen, Earthquake, Reflect, Psychic

Gunakan: Ice Pokemon, Water Pokemon

Claydol merupakan satu-satunya Pokemon tipe Steel|Rock yang tidak dapat dilawan dengan menggunakan Fight, sebab dia mengetahui Psychic dan tipe Ground-nya membuat dia tidak mempan diserang Fight move. Hanya Ice Pokemon dan Water Pokemon yang dapat membuatnya fainted. Tidak ada gunanya menggunakan Ground move karena dia memiliki ability Levitate.


Metagross lv. 58

Moveset:

Gunakan:

Untuk yang satu ini, saya sengaja kosongkan untuk melihat apakah kamu benar-benar mampu untuk menerima gelar Champion. Lawanlah musuh terakhirmu dengan segenap kekuatanmu!



Setelah menang Champion, May|Brandon akan datang, dan juga Prof. Birch. Lalu kamu akan dibawa ke suatu ruang yang disebut Champion's Chamber, dan datamu akan disave disana. Nikmati ending.........

Welcome to the Hall of Fame!



Second Part: Path to be the Master

Setelah menyaksikan ending, maka kamu akan kembali berada dikamarmu. Turunlah maka Dad akan memberimu S.S. Ticket. Lihatlah berita tentang Pokemon misterius yang terbang di daerah Hoenn. Sekarang setelah kamu menjadi Champion, maka kamu berusaha untuk menjadi Pokemon Master. Tidak ada jalur khusus untuk menjadi Pokemon Master. Namun kamu harus menguasai semua tipe Pokemon, kelemahan dan kelebihannya. Sementara melakukan hal itu, kita akan melanjutkan perjalanan untuk mendapatkan Pokemon legendaris lainnya.





*****

JANGAN GUNAKAN MASTER BALL PADA LEGENDARIES APAPUN SELAIN LATIOS|LATIAS.


*****

===================================
Rayquaza the Chinese Shenlung
===================================

Untuk mendapatkan Rayquaza, kamu memerlukan:


Mach Bike

Paling tidak 30 Ultra Balls, 20 Nest Balls, dan 20 Timer Balls

Pokemon yang tahu HM Surf

Kesabaran



Kalau kamu memiliki kualifikasi diatas, pergilah ke Pacifidlog Town, Surf ke kanan hingga mencapai Route 131 kemudian merapatlah ke atas hingga menemukan semacam jalan yang menuntunmu ke Sky Pillar.

Kemempuanmu untuk menggunakan Mach Bike akan dites disini. Hanya ingatlah bahwa di lantai keempat, masukilah lubang kedua dari terakhir yang menuntunmu ke arah yang benar.

Setelah mencapai lantai atas, Rayquaza akan menunggumu. Bangunkan dia untuk battle dengannnya.


Legendary: Rayquaza lv. 70


Ability: Air Lock [Negates weather effects]


Moveset: Extremespeed

Outrage

Fly

Rest


Terus serang Rayquaza hingga HP-nya kritis, namun hati-hati, dia memiliki move Rest. Pada saat dia menggunakan Rest, kamu punya 2 turn untuk mengkritiskan kembali HP-nya dan menggunakan Balls. Lebih efektif lagi bila dia terkena status Freeze (seperti yang terjadi pada Rayquaza-ku). Bila pertarungan sudah lama berjalan, maka gunakan Timer Ball. Dapatkan Rayquaza.


===================================
Latios and Latias the Eon Pokemon
===================================

Untuk mendapatkan Latios pada Ruby version dan Latias pada Sapphire version, kamu harus sudah melihat berita dirumahmu saat baru pertama sekali memenangkan Hoenn League. Latios dan Latias lv. 40 dapat ditangkap dimanapun kecuali didalam gua. Gunakan Master Ball untuk menangkapnya.


Sementara bila kamu menghadiri event Nintendo, kamu bisa mendapatkan Latias pada Ruby version dan Latios pada Sapphire version. Caranya bila kamu memiliki Eon Ticket, tunjukkan kepada petugas kapal, kamu akan dibawa ke Southern Island. Disini kamu bisa menangkap Latias dan Latios lv. 50 setelah menyelesaikan sedikit puzzle. Tenang saja, mereka tidak akan lari kok.




===================================
Salamence the Medieval Dragon
===================================

Untuk mendapatkan Salamence, kamu harus mendapatkan pre-evolved formnya terlebih dahulu. Pergilah ke Meteor Falls. Masuki bagian dalam Meteor Falls, ke tempat yang harus menggunakan Surf. Bila kamu telah sampai ke suatu tempat terpencil (dengan menggunakan Surf), tangkaplah Bagon lv. 25 disana.


Bagon [Dragon] >> Shellgon lv. 30 [Dragon] >> Salamence lv. 50 [Dragon|Flying]


===================================
Metagross the Four-Legged Psychic Steel
===================================

Untuk mendapatkan Metagross, kamu dapat mengambil Beldum lv. 5, pre-evolved form dari Metang yang akan berevolusi menjadi Metagross di rumah Steven yang berada di Mossdeep City. Kalau kamu beruntung kamu bisa mendapatkan shiny Beldum.


Beldum [Steel|Psychic] >> Metang lv. 20 [Steel|Psychic] >> Metagross lv. 45 [Steel|Psychic]


===================================
The Three Regis
===================================

Untuk mendapatkan ketiga Regis, kamu memerlukan:



Pokemon Wailord, evolved form dari Wailmer pada level 40

Pokemon Relicanth, dapat kamu tangkap di Route 126 Underwater, dan membutuhkan waktu yang lama untuk menemukannya

Pokemon yang tahu HM Fly

Pokemon yang tahu HM Surf

Pokemon yang tahu HM Strength

Pokemon yang tahu HM Dive

Pokemon yang tahu TM Dig

Paling tidak 3x 20 Ultra Balls, 3x 15 Nest Balls, 3x 15 Timer Balls

Kesabaran


Setelah memenuhi kriteria diatas, pergilah ke Pacifidlog Town. Gunakan Surf ke arah kanan. Ikuti Ocean Current, namun jagalah posisi agar tetap berada di bagian tengah. Kamu akan sampai ke petak kecil ditengah ocean current, gunakan Dive disana


Setelah itu, jalanlah ke arah bawah dan temukan tulisan dalam Braille. Huruf itu bertuliskan "GO UP HERE"-Naiklah disini.


Setelah itu kamu akan berada dalam sebuah ruangan besar dengan batu-batu yang tersusun. Batu-batu yang tersusun itu menunjukkan alfabet dalam Braille. Untuk lebih jelasnya, lihatlah:


|###### ######|

|##DIG HERE##| Terjemahan Braille

| | Gunakan Dig ditempat bertuliskan "DIG HERE"-Dig disini

| ABC DEF . | Sebuah pintu akan terbuka

| GHI JKL , |

| MNO PQRS |

| TUV WXYZ |

| |

| __ |

|_____|__|_____|

^^ Permukaan air tempat kamu muncul


Setelah muncul pintu, masuklah dan tempatkan Relicanth di slot pertama, Wailord di slot terakhir. Lalu bacalah Braille yang bertuliskan:


#################################################################################

################FIRST COMES RELICANTH. LAST COMES WAILORD.###################



IN THIS CAVE WE HAVE LIVED. WE OWE ALL TO THE POKEMON.



BUT, WE SEALED THE POKEMON AWAY. WE FEARED IT.



THOSE WITH COURAGE, THOSE WITH HOPE. OPEN A DOOR. AN ETERNAL POKEMON WAITS.



-Relicanth muncul pertama. Wailord muncul terakhir.-

-Didalam gua ini kami telah hidup. Kami berhutang semuanya pada Pokemon.-

-Tapi kami menyegel Pokemon itu. Kami takut kepadanya.-

-Bagi mereka yang memiliki keberanian, bagi mereka yang penuh harapan. Bukalah sebuah pintu. Satu Pokemon sedang menunggumu.-


Setelah kamu membacanya, maka akan terjadi gempa bumi. Saat ini pintu tersebut telah terbuka. Keluarlah dari gua ini.

===================================
Regirock the King of Rocks
===================================

Bawalah Pokemon yang tahu Strength. Pergilah ke Desert dan jalanlah ke arah bawah. Batu besar yang dulu tertutup akan terbuka. Masuklah ke dalam.



Desert Ruins, tempat tinggal dari King of Rocks, Regirock. Bacalah Braille yang bertuliskan "RIGHT, RIGHT, DOWN, DOWN. THEN, USE STRENGTH."-Kanan, Kanan, Bawah, Bawah, Kemudian Gunakan Strength. Lakukan hal ini dari tempat kamu membaca Braille tersebut.



Masuklah dan kamu akan bertemu dengan Regirock.



Legendary: Regirock lv. 40



Moveset: Superpower

Curse

Rock Throw

Ancient Power



Seperti biasa, serang hingga HP kritis, lalu gunakan Ultra Balls atau Nest Balls. Hati-hati dengan move Superpower dan Rock Throw.


==================================
Regice the King of Ice
===================================

Bawalah Pokemon yang tahu Surf. Gunakan Surf dari Dewford, lalu ke arah kiri. Sampai kamu tidak bisa jalan lagi, ke arah atas, kemudian temukanlah pulau dengan batu besar seperti di Desert. Masuki batu itu.


Island Cave, tempat tinggal dari King of Ice, Regice. Bacalah Braille yang bertuliskan "WAIT FOR TIME TO PASS TWICE"- Tunggulah Waktu Untuk Dapat Melanjutkan. Jadi jangan lakukan apapun setelah selesai membaca Braille tersebut (tekan A) sampai dua menit. Maka pintu akan terbuka. Mungkin tidak terasa seperti dua menit, tapi memang dua menit.


Masuklah dan kamu akan bertemu dengan Regice.


Legendary: Regice lv. 40



Moveset: Superpower

Curse

Icy Wind

Ancient Power

Sama seperti Regirock, buatlah HP-nya kritis, lalu tangkap dia. Waspadai serangan Icy Wind-nya.


===================================
Registeel the King of Steel
===================================

Bawalah Pokemon yang tahu HM Fly. Kemudian pergilah ke Lilycove City, lalu keluar ke sebelah kiri. Tepat sebelum Safari Zone, yaitu di daerah hujan, maka kamu akan menemukan batu besar lainnya. Masuklah ke dalam batu itu.


Ancient Tomb, tempat tinggal dari King of Steel, Registeel. Bacalah Braille yang bertuliskan "WITH NEW TIME, HOPE AND LOVE, AIM FOR THE SKY IN THE MIDDLE."-Dengan Masa Yang Baru, Harapan Dan Kasih, Gapailah Langit Ditengah-tengah. Sesuai petunjuk, pergilah ke tengah dan gunakan Fly. Sebuah pintu akan terbuka.


Masuklah dan kamu akan bertemu dengan Registeel.


Legendary: Registeel lv. 40


Moveset: Superpower

Curse

Metal Claw

Ancient Power


Lebih sulit dari kedua Regis sebelumnya, gunakan Ice Pokemon untuk memberi efek yang cukup banyak. Setelah HP-nya kritis, cobalah untuk menangkapnya. Waspadai serangan Metal Claw.

4 komentar:

  1. ngelawan tate-liza rasanya gampang banget. Siram aja pake Sharpedo, gigit pake Mightyena. Mereka ga bakal mempan lawan Dark (setidaknya itu yang saya pake, hehe)

    BalasHapus
  2. Kalo yg versi leaf green ada gag gan ?

    BalasHapus
  3. Pokemon yang Black and White juga seru loh

    BalasHapus